headline

Pengabdian Masyarakat

Mewujudkan Pengabdian Berlandaskan Tri Dharma

Universitas Sumatera Utara (USU) bertujuan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui kegiatan fakultas, dosen, dan mahasiswa dalam berbagai bidang. Kami mendorong civitas akademik USU untuk memperluas diri mereka di luar konteks tradisional serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan guna menciptakan perubahan yang positif pada masyarakat.
KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT269
AREA PENGABDIAN MASYARAKAT
NASIONAL264
INTERNASIONAL5
 
 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Image
IKGA FKG USU Pemas Pengentasan Masalah Gigi Anak

Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak menjadi departemen di FKG USU yang pertama sekali melakukan kegiatan pengabdian, yang menyasar pada program-program strategis pemerintah dalam menekan tingkat karies gigi pada anak. Kegiatan ini juga menjadi bukti implementasi bahwa jalinan kerja sama antara FKG USU dan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara terasa nyata, untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan rongga mulut anak-anak di Medan, Sumatera Utara.

Image
FH USU Gelar PengabMas Penggunaan Hak Pilih

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat/penyuluhan hukum dihadirkan narasumber para akademisi FH USU antara lain, Dr Afnila SH, M.Hum, dengan materi “Hak Memilih sebagai Hak Konstitusional Warga Negara”, Dr Abdul Haris Nasution, SH, MH, yang menyajikan materi “Pemilu, Informasi Publik: Hak Anda untuk Tahu”, serta Yusrin, SH, M. Hum, dengan materi penyuluhan “Bagaimana Menjadi Pemilih yang Rasional?”.

Image
Mahasiswa Prodi Kimia F-MIPA USU Gelar CGS di Sekolah

Chemistry Goes to School dilaksanakan hampir 60 sekolah yang tersebar di daerah Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Kisaran, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, dan Tapanuli Tengah. Kegiatan yang dimulai pada 15 hingga 20 Januari 2024 lalu ini dilaksanakan oleh 91 mahasiswa/i Prodi Kimia F-MIPA stambuk 2023 yang terbagi menjadi 8 tim. Dengan semangat kebermanfaatan dan kerja sama yang teroganisir, para mahasiswa Prodi Kimia dibantu Ikatan Mahasiswa Kimia (IMK) FMIPA USU berhasil mempersiapkan kegiatan safari sekolah dengan matang.

Image
F-Hut Gelar Pemas Internasional Pemanfaatan Vegetasi Bambu

“Abdimas internasional ini perlu dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk implementasi ilmu pengetahuan yang memiliki dampak langsung terhadap masyarakat dan lingkungan,” ungkap Prof Dr Agus Purwoko selaku Wakil Dekan III Fakultas Kehutanan USU yang membidangi Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama.

Pengabdian Masyarakat Lainnya

Sistem Informasi Manajemen Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka pelaksanaan pengabdian masyarakat Universitas Sumatera Utara, pengelolaan pengabdian masyarakat dilaksanakan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Pengabdian Masyarakat.

Kunjungi Sistem Informasi Manajemen Pengabdian Masyarakat USUlaunch
Image 1

Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) mulai berdiri pada tanggal 16 Desember 1980 berdasarkan Surat Keterangan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) No. 1418/PT05/SK/C.1980.

Kunjungi Lembaga Pengabdian Masyarakat USUlaunch
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down