Riset Unggulan

Mengungkap Ketahanan Mangrove: Kondisi Salinitas dan Pemulihan Air Tawar

Mengungkap Ketahanan Mangrove: Kondisi Salinitas dan Pemulihan Air Tawar

Di tengah gemuruh ombak dan keheningan tanaman bakau, Rhizophora apiculata, atau yang akrab dikenal sebagai mangrove sejati, berdiri tegak. Tanaman ini bukan hanya saksi bisu dari dinamika ekosistem pesisir, tetapi juga simbol ketahanan dan adaptasi. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh ahli kehutanan Universitas Sumatera Utara, Indonesia, Prof. Mohammad Basyuni, menggali lebih dalam bagaimana spesies ini berjuang dan bertahan di lingkungan yang penuh tantangan seperti salinitas tinggi dan pemulihan air tawar.

Prof. Mohammad Basyuni S.Hut., M.Si., Ph.D. - 14 Juni 2024
Infeksi Helminth: Ancaman Kesehatan Anak-Anak di Indonesia

Infeksi Helminth: Ancaman Kesehatan Anak-Anak di Indonesia

Cacing merupakan hewan kecil yang mungkin sering disepelekan karena dianggap tidak berbahaya. Namun, di balik wujudnya yang kecil, cacing merupakan hewan yang dapat menjadi pencetus masalah kesehatan manusia. Soil-transmitted helminthiasis (STH) menjadi sumber penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit yang hidup di tanah dan dapat menjangkiti manusia.

Prof. dr. Ayodhia Pitaloka Pasaribu M.Ked(Ped), Sp.A(K), Ph.D(CTM) - 31 Mei 2024
Menggali Potensi Limbah: Revolusi Pengolahan Limbah Tinja di Malaysia

Menggali Potensi Limbah: Revolusi Pengolahan Limbah Tinja di Malaysia

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan Malaysia, tersembunyi sebuah tantangan yang sering terlupakan namun sangat penting untuk keberlanjutan lingkungan: pengolahan limbah tinja. Kondisi ini semakin mendesak dengan ancaman kelayakan lingkungan yang menghantui Malaysia. Seperti diketahui, negara ini tengah berjuang dengan pengelolaan air limbah. Dampak dari perlakuan yang tidak memadai tersebut sangat besar, memaksa pergeseran menuju solusi yang lebih komprehensif.

Farida Hanum ST., MT. - 29 Mei 2024
Pengukuran Koklea Pasien Menentukan Keberhasilan Implan Koklea

Pengukuran Koklea Pasien Menentukan Keberhasilan Implan Koklea

Perkembangan dunia kedokteran, terutama dalam bidang Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (THT-KL), telah berkembang pesat. Permasalahan pada indera pendengaran dapat diatasi dengan ilmu yang terus diperbarui setiap waktu. Kehilangan respons pendengaran (Congenital Sensorineural Hearing Loss, SNHL) menjadi permasalahan yang paling banyak ditemukan. Hal ini terjadi akibat kerusakan pada organ dalam telinga (koklea) yang mengakibatkan ketidakmampuan menghantarkan getaran suara melalui cairan telinga.

Dr. dr. Devira Zahara, Sp.T.H.T.K.L., Subsp.Oto.(K) M.Ked(ORL-HNS) - 29 Mei 2024
Pengelolaan Limbah: Menjaga Asa Kota Medan yang Asri

Pengelolaan Limbah: Menjaga Asa Kota Medan yang Asri

Kota Medan, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, menghadapi tantangan signifikan dalam pengelolaan limbah. Sistem pengelolaan limbah yang belum efektif, pertumbuhan ekonomi yang pesat, karakteristik limbah yang beragam, dan gaya hidup berkontribusi terhadap masalah lingkungan yang kompleks. Dengan populasi mencapai 2,4 juta penduduk dan pertumbuhan 0,89% per tahun (data tahun 2015), Kota Medan menghasilkan jumlah limbah yang tidak sedikit. Selain itu, Kota Medan menjadi tujuan urbanisasi oleh masyarakat di Pulau Sumatera.

Dr.Eng. Ir. Hafizhul Khair AM S.T., M.T. - 29 Mei 2024
Dukungan Keluarga sebagai Pilar Utama bagi Pasien Kanker saat Kemoterapi

Dukungan Keluarga sebagai Pilar Utama bagi Pasien Kanker saat Kemoterapi

Dalam pengobatan kanker, kemoterapi telah lama menjadi salah satu cara yang digunakan. Kemoterapi diharapkan dapat membunuh atau membatasi pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali di dalam tubuh. Jika dibiarkan, pertumbuhan sel abnormal akan merusak jaringan sehat yang ada di dalam tubuh. Metode ini dapat digunakan untuk pengobatan utama pasien kanker, persiapan sebelum prosedur operasi atau radioterapi, prosedur tambahan setelah operasi, serta untuk meredakan gejala kanker.

Prof. Dr. dr. Dina Keumala Sari M.Gizi., Sp.GK(K) - 29 Mei 2024
Ampas Kopi: Peluang Energi Biodisel

Ampas Kopi: Peluang Energi Biodisel

Kopi sejak lama telah menjadi komoditas penting dalam sejarah peradaban manusia. Ia telah menjelma dari minuman kalangan bangsawan hingga dapat dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat. Kopi juga sering menjadi media untuk memulai negosiasi, penawar untuk kantuk, bahkan menjadi kebanggaan dari beberapa daerah penghasil kopi. Tidak mengherankan jika konsumsi kopi di seluruh dunia sangat tinggi. Namun, fakta ini tidak diikuti dengan pemanfaatan ampas dan limbah kopi yang memadai.

Prof. Dr. Juliati Br. Tarigan S.Si., M.Si. - 29 Mei 2024
Mengoptimalkan Kekuatan Plastik dengan Sentuhan Ajaib Kompatibilizer

Mengoptimalkan Kekuatan Plastik dengan Sentuhan Ajaib Kompatibilizer

Dalam lanskap ilmu material yang berkembang, upaya menemukan formulasi bahan yang paling efisien dan efektif masih menjadi persoalan yang terus diteliti. Dewasa ini, plastik adalah salah satu bahan yang paling serbaguna di dunia, dan polipropilena (PP) adalah bintangnya. PP memiliki sifat yang tangguh, tapi kadang-kadang bisa rapuh. Sifat ini tentu masih menyisakan pertanyaan di benak para peneliti untuk menemukan campuran material agar membuatnya lebih sempurna.

Prof. Dr. Tamrin M.Sc - 17 Mei 2024
Kepemimpinan yang Menginspirasi untuk Keterlibatan Pekerja

Kepemimpinan yang Menginspirasi untuk Keterlibatan Pekerja

Dewasa ini, kenyamanan di lingkungan pekerjaan perlahan menjadi faktor yang sangat menentukan. Produktivitas dan kinerja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mungkin saja selama ini tidak menjadi pertimbangan. Tidak hanya berhenti pada aspek fisik seperti ruangan kerja, fasilitas penunjang, maupun peralatan yang digunakan, tetapi pekerja saat ini sudah mulai menempatkan aspek lainnya, seperti pola komunikasi, pertemanan dengan rekan kerja, hingga kemampuan pemimpin di tempat kerja.

Vivi Gusrini Rahmadani P MSc., MA., Ph.D., Psikolog - 17 Mei 2024
Inovasi Air Conditioning (AC): Terobosan Revolusi Energi Hijau

Inovasi Air Conditioning (AC): Terobosan Revolusi Energi Hijau

Kemajuan teknologi telah menyisakan permasalahan yang pelik dan selalu menjadi pembahasan: dampak lingkungan. Revolusi industri telah membawa transformasi pada bagaimana manusia memandang mesin untuk membantu dan mendukung kehidupan manusia. Namun di sisi lain, perkembangan mesin tersebut tidak diimbangi dengan solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Seperti diketahui, pemanasan global dan perubahan iklim telah menjadi akibat yang muncul disebabkan oleh penggunaan mesin yang tidak ramah lingkungan.

Dian Morfi Nasution S. T., M. T. - 17 Mei 2024
Serbuk Cangkang Kelapa Sawit: Solusi Pemurnian Air Laut

Serbuk Cangkang Kelapa Sawit: Solusi Pemurnian Air Laut

Cangkang kelapa sawit dalam distilasi surya terbukti mampu meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan. Cangkang kelapa sawit membantu menjaga suhu yang tinggi dalam perangkat distilasi, mempercepat proses penguapan dan kondensasi. Hasilnya, lebih banyak air tawar yang dihasilkan dalam waktu yang lebih singkat. Dengan meningkatnya efisiensi energi, perangkat distilasi surya yang menggunakan cangkang kelapa sawit menjadi lebih produktif dan bermanfaat, terutama di daerah-daerah yang memiliki akses terbatas terhadap air bersih

Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita ST., MT. - 25 April 2024
Daun Afrika (Vernonia Amygdalina Delile), masa depan Terapi

Daun Afrika (Vernonia Amygdalina Delile), masa depan Terapi

Penelitian terbaru mengevaluasi potensi ekstrak daun Vernonia amygdalina Delile dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara 4T1 melalui jalur PI3K. Studi ini menemukan bahwa ekstrak daun memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pertumbuhan sel kanker dengan menghambat jalur PI3K.

Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan S.Si., M.Si., Apt - 25 April 2024
Navigasi Dinamika Politik di Indonesia

Navigasi Dinamika Politik di Indonesia

Mungkin secara logika, ketika calon memiliki dukungan yang luas dari partai-partai koalisi, peluang kemenangan mereka meningkat. Semakin banyaknya partai pendukung mengindikasikan semakin banyak mesin partai bekerja untuk memenangkan calon yang diusung.

Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si. - 24 April 2024

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down