headline

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Halaman FAQ (Frequently Asked Questions) Universitas Sumatera Utara adalah tempat yang penting untuk memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses kepada calon mahasiswa, mahasiswa, orangtua, dan pihak-pihak lain yang tertarik dengan universitas.

Jawaban atas pertanyaan umum yang mungkin dimiliki fakultas. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan hubungi kami.

  • Untuk informasi yang berkaitan dengan kemahasiswaan, silakan lihat: Mahasiswa
  • Untuk informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik dosen, silahkan lihat: Dosen
  • Umum
  • Mahasiswa
  • Dosen
  • Tenaga Kependidikan
Umum

Cara Mendapatkan Perpindahan Mahasiswa PTN Lain ke USU

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
  4. Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
  5. Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)

Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja

Mahasiswa

Bagaimana Cara Cetak Bukti SPP ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
  4. Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
  5. Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)

Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja

Cara Pembuatan Email USU

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan Pembuatan Email USU Mahasiswa dengan membawa syarat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Mahasiswa dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan membuat email usu mahasiswa sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Cara Reset Password Portal Mahasiswa

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Portal ke Staf ULT dengan membawa syarat : Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Asli.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Portal dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan melakukan perubahan password portal usu sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Password Baru)

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Dosen

Bagaimana Cara Reset Password Email USU Dosen ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Email USU Dosen ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Dosen .

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Email USU Dosen dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan melakukan perubahan password email usu dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Password Baru) berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Bagaimana Cara Pembuatan Email USU untuk Dosen ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pembuatan Email USU Dosen ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Dosen .

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Dosen dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan membuat email usu dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Bagaimana Cara Mengajukan Pencetakan Id Card Dosen Baru / Hilang / Rusak ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Dosen Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Dosen di USU.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Dosen Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
  4. Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
  5. Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)

Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja

Tenaga Kependidikan

Bagaimana Cara Mengajukan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru /Hilang/Rusak ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
  4. Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
  5. Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)

Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja

Bagaimana Cara Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Pegawai/Tendik.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan melakukan perubahan password email usu tenaga kependidikan dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Password Baru) berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Bagaimana Cara Pembuatan Email USU untuk Tenaga Kependidikan ?

add

Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pembuatan Email USU Tenaga Kependidikan ke Staf ULT dengan membawa syarat : ID Card Pegawai/Tendik.

  1. Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Tenaga Kependidikan dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
  2. Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
  3. Staf ULT akan membuat email usu sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
  4. Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.

Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down