WR III USU Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Pancasila itu dasar negara kita ya falsafah jadi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa dan tentunya dalam menyikapinya, tutur WR III USU"

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Biro Pusat Administrasi USU, pada Sabtu (01/06/2024).


Dalam amanatnya, Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si menyampaikan tema peringatan tahun ini, yaitu "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menjadi pemersatu dalam menghadapi perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam rangka mencapai visi Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.


Rektor USU juga mengajak seluruh civitas akademika untuk bersama-sama menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Wakil Rektor III USU, Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt., menjelaskan bahwa Pancasila adalah dasar negara dan sebagai falsafah, merupakan alat pemersatu bangsa yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh civitas akademika USU.


Wakil Rektor III mengatakan hingga saat ini, civitas akademika USU telah memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan baik.


"Pancasila itu dasar negara kita ya falsafah jadi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa dan tentunya dalam menyikapinya,” tutur WR III USU.


Sekretaris USU, Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG), Sp.O.G, Subsp.F.E.R juga menegaskan bahwa Pancasila telah terbukti sebagai satu-satunya alat pemersatu bangsa, menjadikan bangsa ini besar. Ia menekankan bahwa seluruh civitas akademika Universitas Sumatera Utara memiliki semangat Pancasila dan akan mengimplementasikannya dalam setiap upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.


"Tentu kita semua segenap sivitas akademika universitas Sumatera Utara sudah pasti berjiwa Pancasila dan akan menjalankan semua makna yang terkandung dari setiap upacara yang kita lakukan dalam memperingati hari lahirnya Pancasila,” pungkas Prof. Fidel.

Kehidupan Kampus
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down