WR III USU dan Seluruh Komponen Siap Penuhi Target Renstra

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Wakil Rektor III mengatakan bahwa akan ada tiga lembaga yakni Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global, Lembaga Inovasi Penulisan Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual, dan Badan Pengembangan Riset Inovasi untuk memenuhi target kinerja USU, yakni menjadikan USU sebagai universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal dan mampu meningkatkan pencapaian USU pada QS World University Rankings dan THE World University Rankings sebagai standar internasionalisasi yang dipakai oleh perguruan tinggi di Indonesia dan dunia. "

HUMAS USU - Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja sama Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt bersama seluruh komponen pendukung di bawahnya siap bergerak untuk mencapai seluruh tujuan yang tercantum dalam Rencana Strategis USU Tahap 2 tahun 2020-2024. Hal tersebut disampaikan pada pelaksanaan apel pagi rutin di Halaman Gedung Biro Pusat Administrasi USU pada Senin (04/07/2022).

Wakil Rektor III mengatakan bahwa akan ada tiga lembaga yakni DirektoratInternasionalisasi dan Kemitraan Global, Lembaga Inovasi Penulisan Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual, dan Badan Pengembangan Riset Inovasi untuk memenuhi target kinerja USU, yakni menjadikan USU sebagai universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal dan mampu meningkatkan pencapaian USU pada QS World University Rankings dan THE World University Rankings sebagai standar internasionalisasi yang dipakai oleh perguruan tinggi di Indonesia dan dunia.


“Tiga lembaga ini harus mampu meningkatkan pencapaian USU pada QS World University Rankings dan THE World University Rankings,” ujarnya.


Mencapai hal tersebut, USU harus membangun relasi internasional dengan menerima dan mengirimkan dosen serta staf ke perguruan tinggi di luar negeri, meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal, mengundang para praktisi dan professional untuk mengajar di USU, serta ikut serta dalam program summer course/joint degree/double degree.


“Salah satu yang ingin dipacu adalah Penelitian internasional yang juga merupakan salah satu program kerja yang ingin dipacu dalam peningkatan kuantitas dan kualitasnya,” katanya.


Prof. Poppy juga mengatakan bahwa untuk membangun jejaring grup penelitian dengan perguruan tinggi internasional maka harus memperbanyak proposal penelitian dengan cara setiap satu fakultas minimal memiliki satu penelitian internasional, yang dimungkinkan juga untuk membangun jejaring grup penelitian dengan perguruan tinggi internasional.


“Dengan cara itu maka potensi kekuatan yang akan dimiliki berasal dari 15 fakultas yang ada di USU, setidaknya dalam setahun kita bisa memiliki 15 penelitian internasional,” tegasnya.


Wakil Rektor III juga mengapresiasi seluruh tim kerja di bawah Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja sama USU yang selalu bekerja keras dan bekerja cerdas dalam menyelesaikan seluruh tahapan-tahapan yang ada dalam berbagai program kerja prioritas.

ForWaRek
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down