USU Targetkan Peningkatan Jumlah Peserta IISMA Tahun 2023

20 Februari 2023

news content

"“Kita menargetkan adanya peningkatan jumlah tahun ini. Oleh karenanya kita sudah mengatur serangkaian strategi dan juga fasilitas. Seperti hari ini kita laksanakan sosialisasi merupakan awal persiapan tersebut. Nantinya peserta juga akan diberikan pendampingan,” ujar Muryanto Amin. "

Tags: Kampus merdeka
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) memasang target peningkatan jumlah peserta yang mengikuti International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, saat menyampaikan arahan dan bimbingan pada Sosialisasi IISMA Tahun 2023, Senin (20/2/2023) melalui pertemuan secara daring.


Muryanto Amin menyebut jika USU telah menyiapkan serangkaian strategi dan juga fasilitas untuk meningkatkan keikutsertaan mahasiswa USU sebagai peserta IISMA 2023. Menurutnya, persiapan harus dilakukan secara matang agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. 


“Kita menargetkan adanya peningkatan jumlah tahun ini. Oleh karenanya kita sudah mengatur serangkaian strategi dan juga fasilitas. Seperti hari ini kita laksanakan sosialisasi merupakan awal persiapan tersebut. Nantinya peserta juga akan diberikan pendampingan,” ujar Muryanto Amin. 


Ia menyebutkan jika Program IISMA sangat penting bagi USU. Program ini mendukung Rencana Strategi USU sehingga dapat berdampak pada peningkatan pemeringkatan perguruan tinggi nantinya. Ditambahkannya pula jika porgram IISMA ini membuka kerja sama yang lebih luas dengan dunia internasional. 


“Program ini mendukung Renstra USU terutama pada poin internasionalisasi. IISMA akan meningkatkan Academic Reputation USU dengan bukti perluasan jaringan USU di dunia internasional. Hal ini juga tentu memberikan kita kesempatan untuk merasakan perbedaan academic environment. Perbedaan ini jangan dianggap sebagai hambatan, melainkan kekuatan untuk menambah ilmu pengetahuan,” tambahnya. 


Ketua Program IISMA Kemendikbudristek Dr. Rachmat A. Sriwijaya, MT., D.Eng yang hadir sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut menyebutkan jika program ini setidaknya mencakup tiga aspek utama sebagai taget utama. Target tersebut diharapkan mampu meningkatkan sumber daya pendidikan di Indonesia. 


“Harapannya melalui IISMA, tercipta sumber daya yang mampu mengatasi perkembangan industri. Otomatisasi mengakibatkan hilangnya pekerjaan, sehingga IISMA diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. Selain itu, dengan adanya IISMA juga memberikan kesempatan mempelajari kebudayaan negara lain. Disamping itu, mahasiswa IISMA ditargetkan menyebarkan virus positif pada perkembangan pendidikan di Indonesia,” jelasnya. 


Sebelumnya, USU telah mengirimkan 5 orang pada IISMA tahun 2021, dan meningkat di tahun 2022 menjadi 10 orang. Jumlah tersebut meningkat, sehingga USU menargetkan peningkatan kembali pada tahun ini.

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down