USU Sambut 160 Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Semoga jalinan kerja sama ini dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi kita semua,” kata Rektor USU."

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) menyambut 160 mahasiswapeserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang akan mengikuti perkuliahan di USU selama satu semester.Acara tersebut diadakan di Inter Cafe USU pada Sabtu (05/09/2022).

RektorUSU Dr. Muryanto Amin., S.Sos., M.Si menyambut kedatangan mahasiswa PMM dan berharap segala aktivitas belajar peserta PMM dapat berjalan lancar, kemudian memiliki banyak teman baru dan menjalin persahabatan di USU, serta kembali dengan membawa cerita dan kenangan baik selama di USU.


Menurut rektor, antusiasme peserta PMM kepada USU sangat besar, hal itu dilihat dari masifnya jumlah peserta PMM yakni sebanyak 160 mahasiswa yang berasal dari 33 kota dan 63 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.


Rektor turut mengucapkan terima kasih kepada sejumlah universitas yang telah mengirimkanmahasiswanya mengikuti PMM USU 2022.Dan berharap agar jalinan kerja sama tersebut dapat membawa kebaikan dan manfaat baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia maupun kontribusi dalam pembangunan SDM.


“Semoga jalinan kerja sama ini dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi kita semua,” katanya.


Direktur Direktorat Pengembangan PendidikanMuhammad Anggia Muchtar ST., MMIT mengatakan, USU dan mahasiswa PMM telah berkomunikasi dan berkoordinasi via whatsapp dan zoom virtual meeting mengenai persiapan yang harus dilakukan untuk mengikuti perkuliahan di USU.


Seperti menyusun KRS hingga proses penjemputan. “Jadi untuk persiapannya sudah dua bulan lalu, mereka berdiskusi di grup sampai akhirnya kemarin mereka menyusun KRS sama dengan anak USU juga,” jelas Anggia.


Koordinator PMM USU Muhammad Arif Lubis SE, M.Si menjelaskan, selain mengikuti perkuliahan seperti biasa dengan mahasiswa USU, terkhusus peserta PMM terdapat Modul Nusantara dengan jumlah 4 SKS. Pada modul tersebut nantinya terdapat kegiatan perkenalan tentang budaya Sumatera Utara atsupun mengunjungi sejumlah spot wisata di Sumatera Utara.


Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si. menyebutkan bahwa PMM merupakan kegiatan MBKM sehingga proses akademik yang akan berlangsung selama 6 bulanakan diselingi dengan aktivitas kegiatan lainnya.


“Seperti mengenal USU, Medan, mengenal Sumatera Utara dan berbaur dengan mahasiswa USUyang sedang aktif juga di USU,” katanya.


Sebagai informasi, terdapat 9 Fakultas dan 19 prodi di USU yang menawarkan mata kuliah untuk program PMM. Di antaranya FISIP, FMIPA, FIB, FT, FH, FEB, FKEP, FKM, dan FP.

Kampus merdeka
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down