USU Raih Predikat Terbaik I Kemendikbudristek RI

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Roni Hikmah Ramadhan

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Universitas Sumatera Utara (USU) mencatatkan nilai tinggi pada penghargaan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2023. Dengan Skor Nilai Kinerja Anggaran (NKA) sebesar 93,21%, USU dianugerahi predikat Sangat Baik dan meraih posisi Terbaik I pada kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Hukum. Hasil tersebut diumumkan dalam Acara Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek di Gedung Ki Hajar Dewantara, Kemendikbudristek, Jakarta pada Selasa (30/4/2024). "

Sekretaris Jendral Kemendikbudristek RI, Suhartini dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan apresiasi pada seluruh instansi, unit kerja, dan satuan kerja yang berada dalam lingkungan Kemendikbudristek yang telah menunjukkan kinerja yang baik. Ia mendorong agar pencapaian yang diperoleh menjadi motivasi untuk terus bertumbuh.


“Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya pada seluruh unit kerja dan satuan kerja di lingkungan Kemendikbudristek yang telah mendukung dan memastikan semua program prioritas dapat kita laksanakan dengan baik. Kami mendorong semuanya untuk terus memupuk komitmen dan tanggung jawab dalam peningkatan kinerja dan selalu melakukan perbaikan secara berkelanjutan,” sebut Suhartini.


Kegiatan ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Menteri Dikbudristek melalui Nilai Kinerja Anggaran (NKA), Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dan Pengolah Kearsipan Terbaik tahun anggaran 2023 kepada unit organisasi Eselon I, unit organisasi Eselon II, perguruan tinggi negeri, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT), untuk mendorong peningkatan akuntabilitas dan kinerja anggaran.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. menerima penghargaan tersebut saat diserahkan secara langsung oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Ia menyampaikan rasa terima kasih pada seluruh jajarannya. Menurutnya, pengharagaan yang diraih bukan atas kinerja pribadi atau sekelompok orang melainkan kolaborasi lintas sektor.


“Transformasi kinerja yang selama ini berorientasi pada individualisme maupun terbatas pada segelintir orang telah menunjukkan hasil. Penanaman nilai kolaborasi di Universitas Sumatera Utara perlahan menunjukkan perkembangan ke arah lebih baik. Penghargaan hari ini menjadi bukti jika kekuatan kolaborasi menjadikan kita kuat dan mampu menyelesaikan seluruh tanggung jawab,” kata Prof. Muryanto Amin.


Prof. Muryanto Amin mengajak seluruh jajarannya untuk menatap tahun 2024 dengan optimis. Pencapaian NKA dengan predikat sangat baik menjadi modal utama. Pengalaman dalam mengelola program prioritas selama ini diharapkan mampu menjadi kekuatan untuk mencapai pencapaian lainnya. Lebih khusus, ia berharap agar perolehan ini memicu percepatan realisasi target USU masuk dalam World-Class University.

Prestasi
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down