USU Jalin Riset Bersama Wageningen University of Research

10 Maret 2023

news content

"Delegasi Universitas Sumatera Utara menawarkan kerja sama riset dalam bidang agriculture (pertanian). Beberapa topik yang ditawarkan dalam agenda pertemuan tersebut di antaranya; agribisnis, agronomy, plant breeding, soil science, and plant protection, food and agricultural technology, animal science, and management of water resources."

Tags: Kerja Sama
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) sepakat menjalin kerja sama dengan Wageningen University of Research Netherlands. Kesepakatan tersebut berlangsung pada kunjungan yang dilakukan oleh delegasi Universitas Sumatera Utara, yakni Wakil Rektor III USU Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan., S.Si, M.Si., Apt dan Dekan Fakultas Pertanian USU, Dr. Ir. Tavi Supriana, MS, ke Wageningen University of Research Netherlands, 7-10 Maret 2023.


Delegasi Universitas Sumatera Utara menawarkan kerja sama riset dalam bidang agriculture (pertanian). Beberapa topik yang ditawarkan dalam agenda pertemuan tersebut di antaranya; agribisnis, agronomy, plant breeding, soil science, and plant protection, food and agricultural technology, animal science, and management of water resources.


Dalam kesempatan tersebut, Universitas Sumatera Utara juga terlibat dalam kegiatan WISE (Wageningen-Indonesia Scientific Exposure) yang mengambil tema “Towards High Quality Indonesian Agriculturaland Life Sciences Research Through Multidisciplinary Collaborations”.


Acara dihadiri juga oleh delegasi dari Universitas Syah Kuala (USK), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Riau (UNRI), Universitas Jambi, LPDP, Dirjendikti dan BRIN. Seluruh delegasi telah menyepakati untuk membuat konsorsium kerja sama riset yang melibatkan empat universitas tersebut dengan WUR (Wageningen University of Research).


Kegiatan ini difasilitasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Denhaag, Belanda, Dr. Agus Setiabudi, M.Si. Wakil Rektor III USU berharap, setelah terjalinnya kerja sama dengan WUR ini, semoga akan lebih banyak terjalin kolaborasi riset antara peneliti USU dengan peneliti WUR.


Dalam round table meeting, dibahas beberapa topik, di antaranya tentang produksi protein berkelanjutan (keberlanjutan ekonomi, mata pencaharian, kelestarian lingkungan, baik lingkungan laut, lingkungan darat, lingkungan sosial. Pengembangan rantai pertanian Indonesia yang kuat, menghubungkan produksi pertanian regional ke pasar, meningkatkan ketahanan pangan, produksi dan distribusi keuntungan yang adil. Serta kesiapsiagaan dalam menghadapi epidemi dan pandemi yang ditujukan untuk pemantauan (biaya) yang efektif, dan topik lainnya.


Prof Poppy menambahkan, bahwa pada tanggal 23 Februari 2023 lalu telah ada inisiasi diskusi riset antara salah seorang dosen pertanian (Dr. Diana Chalil) dengan Dr. Maja Slingerland (WUR), untuk topik sustainable palm di Jakarta. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi pintu masuk bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kolaborasi riset internasional yang dilakukan oleh para para dosen Universitas Sumatera Utara. (Renny Julia Harahap)

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down