Targetkan Internasionalisasi, FK USU Gelar Summer Course

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

" “Program Summer Course ini kan kita buat untuk mendukung internasionalisasi USU yaitu kegiatan student exchange khususnya untuk student inbound yang mengundang mahasiswa - mahasiswa asing untuk datang ke sini,” jelas Prof. Poppy."

HUMAS USU - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan kegiatan International Summer Course 2023 di Aula Lantai 3 FK USU, pada Senin (11/09/2023) Mengusung tema “Genomics and The Other’Omics Analysis in Infectious Diseases Research”, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama, Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt mengatakan program Summer Course dibuat dengan tujuan mendukung internasionalisasi USU.


“Program Summer Course ini kan kita buat untuk mendukung internasionalisasi USU yaitu kegiatan student exchange khususnya untuk student inbound yang mengundang mahasiswa - mahasiswa asing untuk datang ke sini,” jelas Prof. Poppy.


Dekan Fakultas Kedokteran USU, Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe Sp.S(K), menjelaskan bahwa kegiatan ini termaksud salah satu upaya untuk mengikuti visi yg disampaikan oleh Rektor USU untuk go International dengan mengadakan Summer Course yang melibatkan pembicara dan perserta dari berbagai negara dan dengan ini juga dapat di akui keberadaan FK USU di kancah internasional.


Setelah itu, dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis, M.Ked(Ped)., Sp.A, Ph.D mengatakan tahun ini partisipasi dari para peserta jauh lebih meningkat dan datang dari berbagai negara di Asia Tenggara termaksud Malaysia,Filipina, Vietnam, Myanmar, India dan Bangladesh serta berbagai kota di Indonesia. Ia juga menyebutkan tema yang diangkat berdasarkan pentingnya Analisa di level genetik.


“Temanya ini diambil karena setelah pandemi covid kita menyadari bahwa analisa di level genetik itu sangat penting untuk lebih mengetahui perbedaan - perbedaan secara genetik karakteristik dari setiap penyakit agar bisa mempunyai pendekatan dalam penanganan yg lebih baik,” ungkapnya.


Dokter Inke juga mengharapkan kedepannya bisa meningkatkan network antara partisipan dan bisa mengajukan kerja sama yang lebih kuat lagi.


Sebagai informasi, International Summer Coursetahun ini terdapat 20 program dan bekerja sama dengan London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Selain USU, International Summer Course 2023 ini didukung oleh 3 universitas lain, yaitu University Sains Malaysia, Prince of Songkla University di Thailand, serta Reva University di India.

World Class University
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down