Sekretaris USU Hadiri Workshop Paten Dirjen HAKI Kemenkumham

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Insya Allah tahun 2022 ini kita kembali lagi bisa masuk 10 besar, semakin banyak hak paten yang kita sampaikan untuk dinilai, diterbitkan menjadi sebuah hak paten itu semakin banyak tentu indeks,” ujar Prof. Fidel."

HUMAS USU - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Workshop Penyelesaian Permasalahan Paten di Daerah dengan tajuk “Pengelolaan Pasca Pendaftaran Paten Dengan Perguruan Tinggi/Litbang/Pelaku Usaha di Daerah”. Kegiatan yang turut mengundang Universitas Sumatera Utara (USU) ini diadakan di Grand Mercure Medan Angkasa pada Rabu, (09/11/2022).


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan, kemudahan kepada para pemohon paten atau inventor di lingkungan Universitas Sumatera Utara untuk melakukan konsultasi, bimbingan dalam rangka percepatan penyelesaian permohonan paten.


Sekretaris Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. dr. M. Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG),SpOG(K) mengatakan bahwa USU akan optimis dan berusaha agar masuk kedalam 10 besar Permohonan Paten dari Perguruan Tinggi 2022 dengan berkaca pada tahun 2020. Apabila USU mengirimkan banyak hak paten untuk dinilai dan diterbitkan maka indeks kinerja USU pun akan semakin lebih baik.


“Insya Allah tahun 2022 ini kita kembali lagi bisa masuk 10 besar, semakin banyak hak paten yang kita sampaikan untuk dinilai, diterbitkan menjadi sebuah hak paten itu semakin banyak tentu indeks,” ujarnya.


Direktur Paten Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia dagang Drs. Yasmon, M.L.S sangat mengapresiasi Universitas Sumatera Utara yang begitu gencar menyelenggarakan kegiatan dalam hal kekayaan intelektual. Terhitung hingga saat ini tahun 2022 jumlah permohonan mengalami peningkatan.


Drs. Yasmon, M.L.S juga akan terus mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh USU untuk mendorong para peneliti, inventor di kalangan USU dan juga perguruan tinggi di Sumatera Utara sehingga meningkatkan tingkat inovasi di tanah air.


“Kami melihat juga bahwa jumlah permohonan yang saat ini sudah masuk, sudah semakin meningkat. Nah tentunya ini menggembirakan bagi kita bahwa jumlah permohonan paten dalam negeri yang berasal dari perguruan tinggi negeri/swasta, Balitbang itu juga semakin meningkat. Nah tentunya ini merupakan sebuah indikator meningkatnya tingkat inovasi di tanah air,” tegasnya.

Penelitian
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down