Rektor USU Pimpin Upacara Harkitnas 2023

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Sesuai dengan tema tadi, Semangat Untuk Bangkit, semangat mahasiswa USU tidak boleh turun, lalu cobalah untuk melahirkan inovasi-inovasi yang baru demi mengatasi masalah-masalah di sekitarnya,” tegas Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.,"

HUMAS USU - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., memimpin upacara apel pagi dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 dengan tema “Semangat untuk Bangkit” dan diikuti oleh seluruh jajaran staff civitas academica di pelataran Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Senin (22/05/2023).


Sejalan dengan tema harkitnas, rektor membacakan amanat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyebutkan 3 tujuan utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Barisan perjuangan harus tetap dirapatkan dengan mengobarkan semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 nantinya.


“Sesuai dengan tema tadi, Semangat Untuk Bangkit, semangat mahasiswa USU tidak boleh turun, lalu cobalah untuk melahirkan inovasi-inovasi yang baru demi mengatasi masalah-masalah di sekitarnya,” tegas Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., dalam wawancaranya.


Rektor juga menyebutkan bahwa dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional ini penting untuk melakukan kolaborasi antarsektor baik kementerian, lembaga, sektor swasta, perguruan tinggi, akademisi hingga seluruh elemen bangsa Indonesia agar mengimplementasikan nilai-nilai kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global.


Prof Muryanto menekankan akan pentingnya melakukan upaya peningkatan dalam sektor ekonomi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Lebih lanjut, Rektor USU mengatakan Hari Kebangkitan Nasional juga dapat dimaknai dengan mesnyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan bersama.


“Peningkatan kinerja USU ini telah diumumkan setiap triwulan seperti dapat pemeringkatan nasional, akreditasi unggul dan jumlah inovasi yang kian berkembang dan hal ini akan terus kita gencarkan agar terus bisa diperbaiki yang sesuai dengan semangat juang Hari Kebangkitan Nasional ini,” tambah rektor.


Terakhir, rektor berharap seluruh komponen bangsa untuk terus menerapkan bara api semangat kebangkitan nasional dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan serta diharapkan dapat menjadi lentera penunjuk jalan bagi penerus bangsa kelak.

Kehidupan Kampus
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down