Rektor USU Melepas 1.250 Peserta KKNT 2023

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Ini merupakan peluang dan tantangan bagi kalian untuk bersama-sama mengembangkan kompetensi keilmuan, sekaligus menunjukkan peran dan tanggungjawab serta berkontribusi dalam pembangunan, khususnya untuk masyarakat yang berada di pedesaan,” ungkap Prof. Mury."

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar pelepasan secara simbolik 1.250 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Sumatera Utara tahun 2023. Pelepasan dilakukan oleh Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si di Halaman Biro Rektor USU pada Kamis (13/07/2023).

Rektor USU mengatakan KKNT bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa Universitas Sumatera Utara menjadi lulusan yang berkapasitas sebagai pembelajar sejati yang kompeten, lentur dan ulet (agile learner).


“Ini merupakan peluang dan tantangan bagi kalian untuk bersama-sama mengembangkan kompetensi keilmuan, sekaligus menunjukkan peran dan tanggungjawab serta berkontribusi dalam pembangunan, khususnya untuk masyarakat yang berada di pedesaan,” lanjutnya.


Peserta KKNT tahun ini berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Budaya yang berlokasi di 8 kabupaten yang di sebar ke 73 desa. Pemberangkat peserta KKNT Regular dimulai pada hari Senin, 17 Juli sampai 21 Juli, lalu pemberangkat peserta KKN Kebangsaan pada tanggal 19 Juli dan KKN Internasional 20 Juli 2023.

Rektor berpesan agar mahasiswa peserta KKNT USU dapat belajar di desa dengan penuh semangat, bertanggung jawab, menjaga diri, dan menjaga nama baik almamater serta tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Junjung tinggi etika sopan santun di daerah setempat dan jangan sampai melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Cerdas dan bijaklah dalam menggunakan sosial media dan berkomunikasi, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan masyarakat desa setempat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan,” jelasnya.


Dr. Zulfan Lubis, S.S., M.Hum selaku Ketua KKNT PPM USU berharap peserta dapatmemberikan kontribusi solusi ataupun inovasi kepada masyarakat desa dengan menjunjung tinggi etika sopan santun kearifan lokal yang ada di setiap desa.


Koordinator KKNT Reguler, Eko Yudhistira SH., M.Kn menyebutkan, yang perlu disikapi adalah bagaimana adab ketika datang ke desa orang lain dan bagaimana bisa berbaur dengan masyarakat desa sehingga dapat diterima dengan baik.


Jaminan sosial akan diberikankepada seluruh mahasiswa yang melaksakan KKNT sebagai bentuk kehadiran negara untuk memberikan perlindungan kepada generasi muda penerus bangsa, hal ini disampaikan oleh Andi Widya Leksana selaku kepala kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Tanjung Morawa.

Pengabdian
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down