Rektor USU Gandeng Alumni Jurnalis Ciptakan Lembaga Pers

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Untuk mendukung membuat lembaga uji kompetensi. Menjadi salah satu ide yang bisa kita lakukan. Dari lembaga itu menurut saya nanti bisa juga memberikan kemampuan semacam short class yang diperlukan untuk teman-teman wartawan, terutama rekan media, yang berkaitan dengan peningkatan skill serta pemahaman perkembangan yang sekarang ini,” jelas Prof Mury."



HUMAS USU-Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara (USU) lakukan Silaturahmi bersama Jurnalis Alumni Gathering dengan tema Good Relation, Ultimate Reputation. Silaturahmi ini berlangsung di Sajian Bhinneka Medan, Kamis (28/12/2023).


Silaturahmi yang juga merupakan temu sapa sekaligus makan siang ini diadakan dengan bertujuan mempererat hubungan antara alumni dengan almamaternya. Dalam hal ini USU menggandeng para alumni yang bekerja sama di bidang jurnalis untuk saling bertukar pendapat dan pikiran mengenai perkembangan media.


Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., mengatakan akan mengajak para alumni membentuk sebuah lembaga pers untuk para jurnalis, dimana nantinya lembaga ini akan membahas tentang peningkatan skill di bidang jurnalistik.


“Untuk mendukung membuat lembaga uji kompetensi. Menjadi salah satu ide yang bisa kita lakukan. Dari lembaga itu menurut saya nanti bisa juga memberikan kemampuan semacam short class yang diperlukan untuk teman-teman wartawan, terutama rekan media, yang berkaitan dengan peningkatan skill serta pemahaman perkembangan yang sekarang ini,” jelas Prof Mury.


Rektor USU, juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat lebih sering mengakses informasi melalui media sosial dan website, hal tersebut menjadikan USU sebagai media yang transparan bagi publik.


“Ternyata anak-anak Gen Z itu mendapatkan berita dari web dan kabar online. Oleh karena itu, format pola bagi anak-anak mahasiswa ini sangat penting karena perubahan, tambahnya.


Nirwan Sukartara, S.H., M.Kn., salah satu alumni USU dari Harian Analisa, sangat mengapresiasi dengan berlangsungnya kegiatan ini karena lewat Humas USU bisa mengakomodir alumni-alumni yang menjadi jurnalis. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan masukan terbentuknya lembaga di bidang jurnalis.


“Lembaga itu seperti misalnya meningkatkan kompetensi jurnalis-jurnalis yang ada di Sumatera Utara. Jadi dari penggiatnya adalah jurnalis alumni USU ini, bisa membuat gerakan menyeluruh ataupun nanti kontribusi dari kami misalnya memberikan pelatihan ataupun kerja sama dibidang lainnya,” ungkapnya.


Sejalan dengan itu, Jonris Purba, S.Sos., dari Republik Merdeka Online, turut serta mengapresiasi dan sangat mendukung kolaborasi antara jurnalis dan USU dalam perkembangan informasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi tersebut.


“Dan saya kira itu karena keterbukaan dia terhadap kemauan dia merangkul semua kalangan termasuk kalangan jurnalis, mungkin kalau tanda kutip kalau jurnalis selama inikan dinilai orang banyak yang nggak perlu digandeng tetapi ternyata beliau sangat memahami pentingnya jurnalis sebagai orang yang selalu berkutat terhadap informasi untuk kemajuan USU,” ujarnya.

Alumni & Karir
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down