Rektor USU Berharap Riset Skala Internasional Ditingkatkan

31 Januari 2023

news content

"Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengatakan dalam mendukung internasionalisasi salah satu upaya yang dapat ditingkatkan yakni dari segi riset kolaboratif. Bentuk kolaborasi internasional dengan peneliti asing diharapkan dapat segera terwujud agar manfaatnya dapat bersama dirasakan."

Tags: Penelitian
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan pengarahan teknis program penelitian World Class University Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang seminar LP USU pada Senin, (30/01/2023).


Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengatakan dalam mendukung internasionalisasi salah satu upaya yang dapat ditingkatkan yakni dari segi riset kolaboratif. Bentuk kolaborasi internasional dengan peneliti asing diharapkan dapat segera terwujud agar manfaatnya dapat bersama dirasakan.


"Mengenai riset kolaborasi internasional tersebut mudah mudahan ini bisa memberikan banyak manfaat terutama mengejar akademik. Tahun 2023 di awal ini setelah kita melakukan evaluasi selama 2 tahun sejak 2021-2022 untuk pelaksanaan renstra kita memang serius untuk melaksanakan amanah dalam peta itu melaksanakan world class university atau yang disebut sebagai internasionalisasi," ujar Rektor USU

.

Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita, S.T., M.T menjelaskan, dalam kolaborasi penelitian internasional yang dicanangkan guna meningkatkan reputasi akademik tentunya berpengaruh terhadap USU yang akan menuju world class university.


"Jadi indikator yang paling banyak itu sebenarnya melalui penelitian. Nah, jadi untuk itulah dirancang skim penelitian yang betul betul bisa mendukung indikator indikator itu, salah satunya akademik reputation. Melalui banyaknya nanti penelitian ini yang berkolaborasi dengan luar negeri terus yang kedua kualitas," ujar Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU.


Ketua Lembaga Penelitian USU Prof. Dr. Robert Sibarani MS juga menjelaskan universitas hingga saat ini turut mendukung penelitian seperti pada segi pendanaan yang mana tahun lalu terdapat 500 judul yang didanai oleh universitas. Dan diharapkan dapat memicu menaikkan rangking universitas.


"Universitas Sumatera Utara telahmemberikan beberapa skema pendanaan penelitian untuk hampir 1.550 dosen. Ada program skema penelitian yang didanai dari dana Universitas Sumatera Utara, ada juga dana yang diperoleh dari kementerian. Dan khusus untuk dana yang diberikan oleh Universitas Sumatera Utara tahun lalu itu ada hampir 500 judul. Tahun ini kita harapkan juga ada seperti itu," tegas Ketua Lembaga Penelitian USU.

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down