Reakreditasi Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

""Diharapkan kegiatan ini memberikan hasil yang baik bagi penilaian akreditas S1 Prodi Kesehatan Masyarakat, sehingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai institusi pendidikan tinggi berkualitas,” ujar Prof. Opim Salim. "


HUMAS USU- Lembaga Akreditasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan luring Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU) di auditorium FKM, pada hari Senin (29/05/2023).


Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc., menyambut baik kedatangan dua orang tim asesor, Prof. Dr. Dra. Dewi Susanna, M.Kes dari Universitas Indonesia, dan Dr. Aria Gusti, SKM, M.Kes. dari Universitas Andalas.


Dalam kata sambutannya, Warek IV mengatakan bahwa sangat mengapresiasi capaian yang telah dilakukan oleh Prodi S1 Kesehatan Masyarakat. Serta diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kepercayaannya untuk mendapat akses pendidikan yang baik.


“Diharapkan kegiatan ini memberikan hasil yang baik bagi penilaian akreditas S1 Prodi Kesehatan Masyarakat, sehingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai institusi pendidikan tinggi berkualitas,” ujar Prof. Opim Salim.


Pada kesempatan yang sama, Dekan FKM USU, Prof. Dr. Dra. Ida Yustina M.Si., menyatakan persiapan yang telah dilakukan pada asesmen tahun ini sudah semaksimal mungkin. Fakultas juga sudah menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam asesmen lapangan kali ini.


“Kami menyiapkan sesuai yang kita punya, baik ketersediaan sarana dan prasarana, semua yang juga berkaitan dengan kurikulum. Serta juga unsur-unsur lainnya,” jelas Prof. Ida.


Selaku tim asesor, Dr. Aria Gusti, SKM, M.Kes., menyebut dalam penilaian asesmen kali ini ada 9 kriteria, baik yang secara akademik maupun non akademik.


“ Itu yang kita nilai dan kita bandingkan dengan standar nasional perguruan tinggi. Jadi, yang sangat kita harapkan itu adalah apa yang dilakukan oleh prodi melebihi dari standar nasional perguruan tinggi Ada form-form penilaian yang kami bawa kesini dan sebelumnya sudah dilakukan penilaian secara dokumen,” jelas Dr. Aria


Tim asesor LAM-PTKes juga menyampaikan pada bahwasanya asesmen lapangan kali ini bertujuan agar masyarakat mendapat pelayanan pendidikan yang berkualitas, dan serta menjaga mutu dari fakultas.


“Tujuan kita mengakses dan menilai akreditasi perguruan tinggi itu adalah bagaimana masyarakat mendapat pendidikan yang berkualitas, sesuai dengan apa yang telah mereka keluarkan untuk perguruan tinggi. Jadi, menjaga agar masyarakat tidak mendapat layanan pendidikan yang asal, yang tidak sesuai mutu,” ungkap Dr. Aria.


Terakhir, diharapkan FKM USU mampu menjadi salah satu prodi di lingkungan USU, yang melahirkan sumber daya unggul di bidang kesehatan, berkarakter, siap pakai, dan profesional.

Tata Kelola
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down