PKKE USU Bahas Etnisitas di Asia Tenggara

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Pusat Kajian Kebudayaan ini sangat penting untuk mengawal kegiatan dosen di USU dalam kajian mengenai kultural dan etnik,” katanya."

HUMAS USU - Pusat Kajian Kebudayaan dan Etnis (PKKE) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan diskusi ke-3 dengan tajuk “Etnisitas di Asia Tenggara”. Diskusi tersebut digelar melalui zoom meeting, Senin (27/12/2021).

Diskusi ini menghadirkan pembicara dari Pusat Riset Kewilayahan Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof. Dr. Yekti Maunati, M.A serta penanggap dari Universitas Kristen Palangkaraya Dr. Marko Mahin, M.A.

Dalam pembukaan, Wakil Rektor III Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan S.Si., M.Si., Apt. mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Kajian Kebudayaan.

“Pusat Kajian Kebudayaan ini sangat penting untuk mengawal kegiatan dosen di USU dalam kajian mengenai kultural dan etnik,” katanya.

Menurut WR III, kegiatan ini merupakan salah satu pendukung Indikator Kinerja Utama (IKU). Di dalam IKU 5 terdapat peningkatan kegiatan dosen khususnya dalam hal kajian mengenai kultural etnik maupun seni.

“Semoga ke depannya pusat kajian ini dapat bersinergi dan berkolaborasi, serta memberi semangat bagi program studi dalam meningkatkan kegiatan dosen dalam hal ini,” ujar Prof. Poppy.

Ketua Pusat Kajian Kebudayaan dan Etnik Prof. Dr. Budi Agustono mengatakan, persoalan etnisitas merupakan hal yang cukup lama berlangsung.

“Kita berbicara lebih luas tentang etnisitas di Asia Tenggara, agar semakin mengerti bahwa keanekaragaman sangat penting,” katanya.

Menurut Prof. Budi, pembahasan ini cukup menantang untuk dikaji, karena berkaitan dengan persoalan-persoalan yang terhubung, seperti formasi etnisitas, kesadaran etnisitas, dan solidaritas etnik.

“Saya kira ini merupakan hal yang cukup menantang untuk dibahas dan dikaji,” katanya.

ForWaRek
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down