Pertama Kali, RS USU Vaksin Ibu Hamil

MEDAN-HUMAS USU: Dalam rangka sukseskan vaksinasi nasional, Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sumatera Utara (RS USU) menggelar vaksinasi terhadap ibu hamil. Vaksinasi tersebut diselenggarakan di salah satu ruangan pelayanan medis RS USU pada Rabu, (25/8/2021). Terlihat ibu hamil sebagai peserta vaksin antri menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

  • Proses Vaksinasi pada ibu hamil yang dilakukan di RS USU, Rabu (25/8)

 

  • Kontributor
    Roni Hikmah Ramadhan
    Humas
  • Fotografer
    Rizki Hakim Lubis
    Humas
  • Tanggal Publikasi
    Agustus. 25, 2021
  • Bagikan Artikel
      
Pertama Kali, RS USU Vaksin Ibu Hamil

dr Muhammad Rizki Yaznil M.Ked, SpOG(K), Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS USU menjelaskan kegaitan tersebut merupakan upaya RS USU memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Pelaksanaan vaksin tersebut dilaksanakan sesuai dengan anjuran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 

“Pelaksanaan vaksin bagi ibu hamil ini merupakan yang pertama di Medan. Kita ingin memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, disamping membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi nasional. Kita mulai vaksin untuk ibu hamil setelah adanya arahan dari kementrian (kesehatan) dan POGI),” sebut Yaznil. 

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Surat Edaran tersebut sesuai dengan rekomendasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Lebih jauh Yaznil memaparkan vaksin bagi ibu hamil secara rutin akan dilaksanakan di RS USU. RS USU akan membuka layanan vaksin bagi ibu hamil dua sampai tiga kali dalam seminggu. 

“Kita laksanakan secara rutin sesuai dengan ketersediaan vaksin yang ada. Terkadang stok vaksin belum masuk ke kita makanya vaksinasi jadi tersendat. Kita berharap pemerintah dapat fokus untuk ketersediaan vaksin ini,” ujarnya. 

dr. Vita Camellia M.Ked., Sp.KJ yang turut menanggungjawabi pelaksanaan tersebut turut menyampaikan hal senada dengan dr. Yaznil. Disampaikan dalam kesempatan yang sama, ia menyebutkan antusias ibu hamil untuk vaksin sangat tinggi sehingga perlu stok vaksin yang cukup. 

“Kita melihat antusias yang akan divaksin ini sangat tinggi ya. Sehingga kita berharap agar stok nya tetap tersedia. Melalui vaksin ini juga saya berharap ibu hamil lain termotivasi, karena ada informasi banyak ibu hamil yang masih takut untuk divaksin,” sebut Vita. 

Vaksinasi pada hari itu dijadwal akan memberikan dosis pertama kepada 50 orang ibu hamil. Menggunakan vaksin CoronaVac (Sinovac), ibu hamil yang diperbolehkan ikut vaksin yang telah memiliki usia kehamilan diatas 13 minggu. 

“Ibu hamil ini kan populasi rentan, jadi perlu untuk divaksin. Sebelumnya kita cukup kebingungan, di satu sisi ibu hamil rentan, tapi tidak bisa makan obat sembarangan. Terutama yang usia kehamilan dibawah 12 minggu, karena masih terjadi pembentukan organ janin,” jelas Yaznil. 

Dalam penutupnya ia mengajak ibu hamil lainnya untuk ikut vaksin. RS USU telah menyediakan tautan pendaftaran yang dapat diakses secara terbuka. Kegiatan vaksin dimulai pukul satu siang hingga selesai, dengan kuota 50 orang per hari. 



Lainnya

Loading...Loading...Loading...Loading...