Persiapan PIMNAS Ke-34 di USU Masuk Tahap Finalisasi

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Dr Edy Ikhsan mengatakan, sampai saat ini, semua persiapan sudah 80 persen rampung, mulai dari tempat lomba, fasilitas pendukung, penginapan, transportasi dan akomodasi semua sudah beres tinggal detail-detail khusus. "Jadi semua hampir selesai dan berharap pelaksanaan sampai penutupan nanti berlangsung lancar," katanya."

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) terus mematangkan agenda perlombaan nasional dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34. Persiapan USU sebagai tuan rumah itu sendiri kini telah memasuki tahap finalisasi.

"Persiapan sejauh ini sudah sangat baik. Tinggal memasuki tahap finalisasi dengan beberapa item lagi yang perlu diselesaikan. Tapi sejauh ini semua masih on the track," ujar Ketua PIMNAS Ke-34 di USU yang juga Wakil Rektor I USU Dr Edy Ikhsan, MA dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Dr Edy Ikhsan menjelaskan, PIMNAS digelar pada 25 Oktober 2021, di mana para delegasi sudah datang. Delegasi ini meliputi juri dan pihak dari kementerian. Pada malam harinya, akan digelar malam ramah tamah (welcome dinner) antara juri nasional, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Pimpinan USU, Gubernur Sumatera Utara, Sultan Deli dan Walikota Medan.

"Kemudian pada 26 Oktober 2021 malam harinya digelar opening ceremony, kita berharap dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Sampai tanggal 27-28 Oktober perlombaan, lalu 29 Oktober ada pameran poster, kuliah umum dari salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju dan malam harinya adalah closing ceremony," katanya.

Edy mengatakan sampai saat ini, semua persiapan sudah 80 persen rampung, mulai dari tempat lomba, fasilitas pendukung, penginapan, transportasi dan akomodasi semua sudah beres tinggal detail-detail khusus. "Jadi semua hampir selesai dan berharap pelaksanaan sampai penutupan nanti berlangsung lancar," katanya.

Dr Edy Ikhsan juga berharap ada sejumlah emas yang didapat dari mahasiswa USU. USU sendiri mengirimkan delegasi untuk 7 cabang perlombaan dari 9 cabang kreativitas mahasiswa yang diperlombakan. Tim dari USU juga saat ini sedang dalam pembekalan, mereka di karantina dan dilakukan pendampingan.

Adapun 9 Kategori Perlombaan PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) pada PIMNAS ke-34 kali ini, yaitu:

1. PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)

2. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

3. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)

4. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)

5. PKM-Karya Inovatif (PKM-Kl)

6. PKM-Penerapan Iptek (PKM-PI)

7. PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM)

8. PKM-Riset (PKM-RE)

9. PKM-Riset (PKM-RSH)

Total keseluruhan peserta yang telah lols seleksi PIMNAS Ke-34 sebanyak 700+ Tim dari Total 108 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.





Pendidikan
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down