Pemilihan Duta SDGs USU: Persiapan ke Kancah Internasional

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Para mahasiswa ini juga akan ikut ke dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung SGDs, kata Prof. Poppy"


HUMAS USU - Turut serta dalam International Sustainable Development Programs (SDGs) Competition, Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian Universitas Sumatera Utara (DITMAWALUMNI USU) melangsungkan Pemilihan Duta SDGs USU di Aula Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) USU, pada Rabu (24/04/2024)


Acara ini merupakan kolaborasi antara DITMAWALUMNI USU bersama Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU dan USU SDGs Center.


Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama USU, Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt., mengatakan pemahaman tentang SDGs perlu disosialisasikan terutama di lingkungan kampus. Maka dari itu, Duta SDGs USU nantinya akan mengikuti International SDGs Competition dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung SDGs.

“Para mahasiswa ini juga akan ikut ke dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung SGDs,” katanya.


Rahma Yurliani, S.Psi., M.Psi., selaku Direktur Ditmawalumni USU, menyebutkan ada 2 tahapan seleksi yang dilakukan. Tahap pertama diikuti oleh 20 peserta yang mana akan dilakukan uji kompetensi berbahasa inggris, psikotes, serta uji pemahaman SDGs. Selanjutnya, pada tahap kedua diikuti oleh 10 peserta yang lolos, yang nantinya akan mempresentasikan tulisan terkait SDGs. Dari presentasi tersebut akan dipilih 3 peserta terbaik untuk mengikuti pelatihan Duta SDGs USU.

“Ada dua tahapan yang kita laksanakan. Pada tahap awal ada seleksi kompetensi berbahasa inggris, pengetahuan mengenai SDGs, dan psikotes,” jelasnya.


Kepala HUMAS, Promosi, dan Protokoler, Amalia Meutia, M.Psi., Psikolog., selaku juri dalam acara ini mengatakan selain mempunyai ilmu yang berkualitas, pembawaan diri dan kepribadian yang dimiliki para peserta juga akan dinilai. Hal ini dikarenakan Duta SDGs USU akan menjadi perwakilan dalam kancah nasional maupun internasional.

“Jadi penampilannya juga pasti akan dipertimbangkan karena akan menjadi perwakilan usu di nasional atau internasional,” tuturnya.


Indonesia salah satu negara yang berperan dalam mempromosikan dan melakukan kontribusi SDGs. Sekretaris Badan Evaluasi Program Prioritas, Dr. Wahyu Ario Pratomo SE., M.Ec., yang juga juri dalam acara ini berharap Duta SDGs USU berkualitas, dan aktif mempromosikan SDGs kepada seluruh anak muda akan berkontribusi pada pembangunan. Beliau menambahkan ada arahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) untuk setiap universitas negeri memilih Duta SDGs.

“Ini juga arahan dari BAPPENAS bahwa setiap universitas negeri memiliki satu duta SDGs, yang nanti jadi wakil USU dan pada kompetisi di tingat internasional mewakili Indonesia,” katanya.

Kehidupan Kampus
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down