Moodle, Latihan dan Manajemen Nutrisi pada Kanker

12 Februari 2024

news content

"Terdapat 10 minggu kursus yang dapat dikunjungi di website Universitas Nicosia. Kursus online dengan menggunakan platform Moodle ini merupakan bentuk kursus seumur hidup yang dapat diikuti oleh mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan praktisi kesehatan lainnya."

Tags: erasmus
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

Peluncuran Moodle, Latihan dan Manajemen Nutrisi pada Kanker

HUMAS USU : Kursus life long learning (LLL) Moodle “Exercise and Nutrition Management in Cancer” kerja sama Universitas Nicosia dan Universitas Sumatera Utara, yang telah diluncurkan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, pada awal Februari 2024 lalu, bertujuan untuk mendukung QS Ranking. Sekaligus meningkatkan kolaborasi internasional dan mencapai indikator kinerja utama 6 dan 7, yaitu program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia dan kelas yang kolaboratif dan partisipatif.

 

Terdapat 10 minggu kursus yang dapat dikunjungi di website Universitas Nicosia. Kursus online dengan menggunakan platform Moodle ini merupakan bentuk kursus seumur hidup yang dapat diikuti oleh mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan praktisi kesehatan lainnya.

 

Rektor USU mendukung kegiatan ini dan USU sedang mengembangkan kerja sama dengan University of Nicosia (UNIC) di Siprus sebagai tujuan SPIRIT Project yaitu metode pengajaran model pembelajaran seumur hidup. Dalam hal ini UNIC lebih terbuka pengembangannya dalam mewujudkan proyek ini, di mana USU banyak belajar dari UNIC. Tak hanya itu, beberapa staf pengajar UNIC juga turut berperan dalam memberikan perkuliahan dan menjadi dosen tamu di USU. Sebagai mentor dari LLL adalah Kyriakos E Georgiou, yang merupakan koordinator dari University of Nicosia, yang menjelaskan berbagai teknis dari proses penggunaan moodle UNIC-USU tersebut.

 

Proyek SPIRIT bertujuan untuk mengembangkan program akademik dan melatih guru dan pelatih dalam pendidikan jasmani, ilmu olahraga dan nutrisi yang akan bergabung dengan sekolah dan klub dan menerapkan kerangka kerja baru ini. Hasil yang telah dicapai dari proyek ini adalah pengembangan silabus kurikulum pilihan di USU dan pengembangan kursus online seumur hidup bagi mahasiswa, klub olah raga, asosiasi, dan komunitas lokal. Inilah hasil utama proyek SPIRIT 2021-2024.


Program ini merupakan kegiatan dari SPIRIT proyek pendanaan Erasmus Plus yang memasuki tahun ketiga. Dasar dari program ini adalah SPIRIT, singkatan dari Proyek Olah Raga dan Pendidikan Jasmani sebagai Kendaraan untuk Inklusi dan Pengakuan di India, Indonesia dan Sri Lanka (SPIRIT) yang didasarkan pada premis, bahwa pikiran yang sehat dan tubuh yang sehat sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat. Waktu yang paling tepat untuk mulai membangunnya adalah pada usia muda. Inilah alasan mengapa proyek ini bertujuan untuk mengembangkan program akademik dan melatih guru dan pelatih dalam pendidikan jasmani, ilmu olahraga dan nutrisi yang akan bergabung dengan sekolah dan klub, yang menerapkan kerangka kerja baru ini. Luaran dari proyek ini antara lain paket kerja 2.3 yaitu pengembangan silabus untuk kurikulum pilihan di USU dan paket kerja 3.2 yaitu pengembangan kursus online pembelajaran seumur hidup untuk klub olahraga, asosiasi, dan komunitas lokal yang menjadi hasil utama dari proyek SPIRIT 2021-2024.

 

Universitas Sumatera Utara (USU) belum mempunyai program aktivitas jasmani dan gizi dalam olahraga, sehingga berdasarkan proyek The SPIRIT, disusun mata kuliah baru untuk memenuhi kebutuhan pendidikan olahraga. Terdapat tiga modul baru yaitu (i) Nutrisi Olahraga, (ii) Pendidikan Jasmani, dan (iii) Manajemen Olahraga yang akan disampaikan dalam delapan mata kuliah yang dipimpin oleh Program Sarjana Kedokteran dan Program Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Terdapat dua model mata kuliah dari program ini yaitu model pengajaran reguler yang disebut Conventional Courses (CC) dan model pengajaran e-learning yang disebut Life Long Learning (LLL) Courses.

 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe, Sp S(K), memberikan dukungannya atas kegiatan ini. Moodle merupakan pembelajaran seumur hidup dengan tim pengajar Dr dr Kamal Basri Siregar, M.Ked (Bedah), SpB(K) Onk, FICS, MHKes, Dr dr Eka Roina Megawati, M.Kes, Dr dr Yetty Machrina, M.Kes, AIFO-K, SpKKLP dan Prof Dr dr Dina Keumala Sari, M Gizi, Sp GK.

 

Proyek SPIRIT berfokus pada tiga isu penting bagi Asia dan universitas-universitas di Asia, yakni mengembangkan program akademik di bidang pendidikan jasmani, nutrisi dan ilmu olahraga. Juga program untuk memerangi peningkatan penyakit tidak menular kronis (PTM) yang telah menjadi penyakit besar, masalah kesehatan global di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Serta menyediakan inklusi sosial dalam olahraga bagi orang-orang dan kelompok orang yang dikecualikan karena usia, jenis kelamin, status sosial, keyakinan agama, preferensi seksual, kondisi fisik dan kemampuan.

 

Universitas Sumatera Utara (USU) sedang mengembangkan program aktivitas jasmani dan gizi dalam olahraga, sehingga berdasarkan proyek The SPIRIT telah disiapkan mata kuliah baru untuk memenuhi kebutuhan pendidikan olahraga. Terdapat tiga modul baru yaitu Nutrisi Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Manajemen Olahraga yang akan disampaikan dalam delapan mata kuliah yang dipimpin oleh Program Sarjana Kedokteran dan Program Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Terdapat dua model mata kuliah dari program ini yaitu model pengajaran reguler yang disebut Conventional Courses (CC) dan model pengajaran e-learning yang disebut Life Long Learning (LLL) Courses dengan menggunakan UNIC Moodle.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down