Luncurkan Beo Nias Maskot PIMNAS ke-34, Rektor USU Janjikan Beasiswa S2 dan Jadi Dosen untuk Mahasiswa USU Peraih Emas

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Renny Julia Harahap

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 dan menjamu 2.200 mahasiswa dari 100 perguruan tinggi di Indonesia yang berkompetisi di ajang tersebut. Selain itu, USU juga menjanjikan beasiswa S2 bagi mahasiswa USU peraih emas PIMNAS 2021 dan akan diangkat sebagai dosen di USU."

Hal tersebut dinyatakan Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, di hadapan sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik, dalam konferensi pers PIMNAS ke-34, yang berlangsung secara daring melalui zoom dan secara luring bertempat di lobi Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 1, Kampus USU Padang Bulan Medan, Kamis (16/9/2021). PIMNAS akan digelar pada 26-30 Oktober 2021 secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan dan mengambil tema: " Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal".

Rektor USU Dr Muryanto Amin pada kesempatan itu meluncurkan maskot PIMNAS ke-34 berupa seekor burung Beo Nias yang diberi nama ITO. ITO diambil dari “partuturan” dalam adat Batak yang merupakan sebutan atau panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya yang berbeda jenis kelamin. ITO memiliki arti lebih khusus yaitu merupakan akronim dari Intelligent, Tough and Outstanding, yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot PIMNAS ke-34. Di kegiatan tersebut juga di-launching logo, website dan Instagram resmi PIMNAS ke-34.

Dr Mury mengatakan, menjadi tuan rumah PIMNAS ke-34 merupakan sebuah kebanggaan bagi USU. ”USU bisa menjadi tuan rumah karena USU dipercaya mampu,” tegasnya.

Ia berharap, semoga pelaksanaan PIMNASberjalan lancar dan sukses hingga akhir, serta mampu mendorong para mahasiswa di Indonesia untuk lebih giat dalam berinovasi. PIMNAS merupakan momentum untuk melahirkan banyak ilmuwan muda yang karyanya memiliki dampak bagi kebaikanmasyarakat dan bangsa. Dr Muryanto juga berharap agar para mitra media USU dapat mendukung penuh penyelenggaraan PIMNAS ke-34 melalui publikasi yang positif.

Ketua Pelaksana Harian PIMNAS ke-34, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, SE, MSi, mengatakan,USU telah menyiapkanserangkaian acara dalam perhelatan tersebut,PIMNAS, yakni acara ramah tamah di Istana Maimoon, pembukaan PIMNAS di pelataran Biro Rektor USU, pameran poster di gedung Pancasila USU dan kuliah umum yang direncanakan akan diisi oleh Menteri BUMN, Erick Tohir serta acara penjurian dan closing ceremony di Auditorium USU. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diperlombakan yakni bidang kewirausahaan , penelitian eksakta , penelitian sosial humaniora, karsa ciptapenerapan teknologi, pengabdian kepada masyarakat, gagasan tertulis dan gagasan futuristik konstruktif yang baru pertama kalinya digelar dalam PIMNAS.

“Estimasi jumlah peserta yang akan ikut dalam PIMNAS 34 kurang lebih 2.200 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 700 dosen pendamping yang hadir secara daring dan 105 dewan juri yang diharapkan akan hadir secara luring,” kata Doli.

Dalam kegiatan yang dipandu oleh Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia, MPsi, Psikolog tersebut, turut hadir secara luring Ketua Umum PIMNAS ke 34 yang juga Wakil Rektor I USU Dr Eddy Ikhsan, SH, MA, para wakil rektor USU lainnya, sekretaris rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik danDewan Guru Besar USU. Sementara hadir secara luring, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) serta sejumlah pejabat Kemendikbud lainnya, para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, dan lain-lain.

Ketua Umum PIMNAS ke-34, Dr Edy Ikhsan, SH, MA mengatakan, PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual. “Kegiatan PIMNAS ke-34 ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Medan. PIMNAS adalah sarana untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Dari 2.200 peserta PIMNAS, 36 mahasiswa peserta berasal dari USU. Target kita dalam PIMNAS ini adalah meraih medali emas di semua kegiatan yang diperlombakan. Kita targetkan juara umumlah,” katanya.

PIMNASadalah PKM yang diluncurkanKemendikbudristek dan menjadi sarana pengembangan kreativitas mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, berbudaya dan inovatif.Edy berharap, PIMNAS dapat mendorong reputasi USUdi tingkat nasional dan juga internasional serta memperkuat atmosfer riset civitas akademika Universitas Sumatera Utara. (RJ)

Beasiswa
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down