LPPM USU Pengabdian Masyarakat untuk Kembangkan UMKM

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Berwirausaha menjadi salah satu solusi untuk menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, ujar Dr Dardanila. "

HUMAS USU - Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU) melalui tim yang diketuai Dr. Dardanila, M.Hum., dengan anggota Dra. Rosliana Lubis, M.Si., dan

Ir. Farida Ariani, M.T., melaksanakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mutiara, Kota Kisaran Timur.


Dr Dardanila dalam keterangan tertulisnya kepada, Kamis (19/10/2023) menjelaskan, pengabdian yang dilakukannya adalah pengembangan wirausaha mikro kecil dan menengah.


"Berwirausaha menjadi salah satu solusi untuk menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat," ujar Dr Dardanila.


Berdasarkan survei awal yang dilakukan, wirausaha yang memiliki banyak pelanggan di masyarakat Kota Kisaran Timur adalah usaha warung bakso. "Karenanya kami menjadikan pemilik waring bakso sebagai mitra pengabdian," katanya.


Dr Dardanila menjelaskan, tim pertama kali turun ke lapangan pada 23 Mei 2023. Pada survei itu, ditemukan bahwa pemilik warung bakso, Indrawati yang berjualan di Jalan Sultan Alisabana, Kelurahan Mutiara, Kota Kisaran Timur sangat kesulitan dalam pembuatan bakso karena memproduksi secara manual.


"Dari permasalahan yang dialami mitra tersebut, Tim Pengabdian LPPM USU melakukan FGD untuk mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan oleh mitra dalam kegiatan ini," katanya.


FGD dilaksanakan dengan kondusif bersama para warga pada tanggal 04 September 2023. Dari hasil FGD, Tim Pengabdian LPPM USU mengadakan barang berupa mesin pembuat bakso yang berguna untuk mitra. Dengan mesin tersebut diharapkan pembuatan bakso menjadi lebih baik lagi. Selain itu, pada tanggal 18 September diadakan penyuluhan dan pelatihan penggunaan mesin bakso dan pembuatan bakso untuk menambah pemahaman mitra dalam meningkatkan nilai jual produk.


"Harapannya dengan diadakannya pelatihan ini, akan menambah penghasilan bagi mitra pengabdian. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak LPPM USU yang telah mendanai pengabdian ini. Terima kasih juga kepada M. Agus Kurniawan selaku Kepala Lingkungan V Kisaran yang telah mendukung kelancaran pengabdian," katanya.


Pemilik warung bakso, Indrawati yang dijadikan mitra pengabdian bersyukur atas bantuan yang diberikan. Ia merasa terbantu dan berharap usaha baksonya menjadi lebih berkembang dengan adanya bantuan alat produksi dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Tim LPPM USU.

Pengabdian
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down