Laboratorium THH FHut USU Raih Akreditasi SNI ISO/IEC

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Kami sangat senang dan bersyukur atas pencapaian luar biasa yang diraih oleh Fakultas Kehutanan, kata WR I USU"



HUMAS USU - Laboratorium Teknologi Hasil Hutan (THH) milik Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (FHut USU) memperoleh sertifikat akreditasi internasional SNI ISO/IEC 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat FHut USU, pada Senin (21/05/2024).


Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., mengutarakan rasa syukurnya atas pencapaian hebat yang diperoleh Laboratorium THH, yang merupakan variable penting untuk akreditasi internasional. Beliau mengatakan dengan capaian yang diterima oleh Laboratorium THH ini membuka akses kepada pihak diluar USU untuk turut memanfaatkan Laboratorium THH dalam berbagai penelitian.

“Kami sangat senang dan bersyukur atas pencapaian luar biasa yang diraih oleh Fakultas Kehutanan,” ujarnya.


Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., turut mengapresiasi berbagai pihak yang telah bekerjasama untuk meraih predikat yang luar biasa untuk Laboratorium THH. Beliau menyatakan capaian ini merupakan salah satu dari banyaknya prestasi yang sudah diraih oleh FHut dan menunjukkan komitmen FHut untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam program Internasionalisasi USU. Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., berharap pencapaian ini akan meningkatkan semangat dalam kegiatan pembelajaran di USU.

“Ini merupakan komitmen yang ditunjukkan oleh Fakultas Kehutanan,” katanya.


Dekan FHut USU, Dr. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si., menyebutkan pengusulan akreditasi internasional ini merupakan ide dari kepala Laboratorium THH. Dalam merealisasikannya, dibentuk sebuah tim gabungan dari pihak Laboratorium THH dan Civitas Akademika dengan minat teknologi hasil hutan.

“Ide dari Kepala Lab THH mengusul akreditasi internasional,” ucapnya.


Lebih lanjut, Dr. Ir. Luthfi Hakim, S.Hut., M.Si., IPM, selaku Kepala Lab THH, menegaskan akan terus berkomitmen dalam program internasionalisasi USU. Beliau mengatakan kedepannya pelayanan dan kualitas Laboratorium THH akan ditingkatkan terutama dalam pengujian penelitian-penelitian mahasiswa.

“Kita akan meningkatkan pelayanan dalam hal pengujian, terutama untuk penelitian-penelitian mahasiswa,” tegasnya.


Laboratorium THH turut membuka fasilitas seperti pengujian penelitian atau peminjaman alat, untuk pihak luar yang sudah mendaftar pada website resmi FHut USU. Sudah ada 9 pemerintah kabupaten yang menggunakan fasilitas Laboratorium THH Fhut USU.

Pendidikan
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down