Kolaborasi USU-Earthwise Consulting Japan Pengelolaan Sampah

11 April 2023

news content

"“Jadi kita bekerja sama dengan Earthwise Consulting Jepang. Itu kita mendapat sebuah alat namanya pirolisis yang akan membantu kita dalam pengelolaan sampah jadi sumber energi,” papar Dr. Fahmi."

Tags: Kerja Sama
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

HUMAS USU - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dengan Representative Director of Earthwise Consulting JapanYudai Tadaki, BSc. menandatangi Nota Kesepahaman dan Nota Perjanjian Kerja Sama, di Ruang Audiensi GBPA USU, Kamis (06/04/2023).

 

Kesepakatan yang berkonsentrasi terkait isu lingkungan tersebut menggandeng Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik USU. Dipaparkan oleh Dekan FT USU Dr. Ir. Fahmi S.T., M.Sc., IPM, Earthwise Consulting memberi pirolisis yang akan digunakan untuk mengelola sampah yang ada di lingkungan kampus.


“Jadi kita bekerja sama dengan Earthwise Consulting Jepang. Itu kita mendapat sebuah alat namanya pirolisis yang akan membantu kita dalam pengelolaan sampah jadi sumber energi,” paparnya.

 

Tak sampai di situ, nantinya pengelolaaan sampah menggunakan pirolisis direncakanan juga menyasar ke lingkungan luar kampus terutama kota Medan. Berdasarkan keterangan Dekan FT USU hal tersebut akan segera dibahas dengan Pemko Medan.


“Nanti kita kembangkan untuk lingkungan sekitar kita termasuk dengan pemerintah Kota Medan,” kata Ir. Fahmi.

 

Sebelum program ini ditawarkan ke Pemko Medan, Yudai Tadaki akan membekali mahasiswa Teknik Lingkungan USU secara langsung, selain itu juga mempertimbangkan efektivitas pirolisis dalam mengelola sampah.

 

Menurut Representaive Director of Earthwise Consulting Japan Yudai Tadaki, BSc. pihak fakultas dan mahasiswa USU memiliki ketertarikan dan antusias yang masif terhadap pengelolaan sampah.  Ia menyebut Kota Medan memiliki masa depan yang baik berkaitann penanganan sampah. Ia juga menantikan kolaborasi yang lain di masa depan.


“Saya benar-benar berpikir bahwa ada banyak harapan untuk masa depan yang lebih cerah untuk pengelolaan sampah di Medan dan kolaborasi di masa depan tidak hanya di sini tetapi di mana-mana. Indonesia, dan mungkin Internasional juga,” ujar Yudai Tadaki. (Bambang Riyanto)

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down