Guest Lecturer di FISIP USU Hadirkan Dubes Australia

17 Mei 2023

news content

"Ini merupakan kesempatan untuk melakukan kerja sama lanjutan, baik pertukaran pelajar, dosen ataupun yang lainnya. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita semua, ungkap WR IV"

Tags: Pendidikan
facebookinstagramtwitter
URL Copied!

HUMAS USU - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Australian Embassy melangsungkan kuliah tamu mengusung tema“The Australia-Indonesia Bilateral Relationship”.

Kegiatan ini mendatangkan Australian Ambassador to Indonesia Ms Penny William PSM di aula serbaguna FISIP, Selasa (16/05/2023).


Kegiatan ini disambut baik oleh kedua belah pihak. Wakil Rektor IV Bidang Informasi, Perencanaan, dan Pengembangan USU, Prof. Opim Salim Sitompul, MSC. mengaku sangat senang terhadap kedatangan Duta Besar dari Australia untuk Indonesia ke USU. 


Menurut WR IV USU, kegiatan ini menjadi peluang untuk membuka kesempatan kerja sama lanjutan dengan pihak Australian Embassy. 

“Ini merupakan kesempatan untuk melakukan kerja sama lanjutan, baik pertukaran pelajar, dosen ataupun yang lainnya. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita semua,” ungkap WR IV.


Melalui kedatangan Duta Besar Australia ini, Prof. Opim menyebut terdapat banyak hal yang dapat diserap untuk bidang pendidikan. 

“Sangat mendukung sekali adanya pertukaran-pertukaran, baik itu di tingkat mahasiwanya atau di tingkat dosennya dalam riset dan lain-lain. Banyak yang kita pelajari,” katanya. 


Kegiatan ini merupakan kunjungan pertama Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM. Ia merasa senang bertemu dan melihat antusiasme mahasiswa USU. Antusiasme tersebut dibuktikan pada pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa mengenai hubungan bilateral Australia-Indonesia. 

“Senang sekali bisa berada di Medan, jantung provinsi Sumatera Utara dan salah satu kota terbesar di Indonesia. Banyak para mahasiswa-mahasiswi yang banyak sekali memberikan pertanyaan yang menarik, itu mencerminkan ketertarikannya,” jelas Penny Williams.

Menanggapi antusiasme tersebut, Penny Williams membocorkan terdapat banyak beasiswa yang dibuka oleh pemerintah Australia untuk para pelajar di Indonesia, terutama untuk jenjang S2 dan S3. 

“Saya melihat ada banyak dosen-dosen USU yang mengambil beasiswa itu di beberapa bidang. Setiap tahun ada kesempatan untuk dosen-dosen belajar di Australia. Ada juga para mahasiswa yang dari Australia untuk summer school di USU,” ujar Dubes Australia, Penny Williams.

Berita Lainnya

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down