Dies Natalis ke-22 RSGM USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Dies Natalis ke-22 RSGM USU
WhatsappTwitterFacebook

"Sebetulnya tidak mudah punya dua fungsi sekaligus, pendidikan dan layanan publik, yang di dalamnya ada bisnis. Kampus PTN-BH itu sudah harus tidak punya ketergantungan lagi dengan pemerintah. Kita ada banyak unit layanan untuk memberikan sumber tambahan. RSGM menjadi salah satunya. Universitas akan selalu mensupport itu, kata Prof. Mury"

HUMAS USU - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Sumatera Utara (USU) merayakan Dies Natalis ke-22 dengan tajuk "Towards the New Look of RSGM USU: Senyum Maksimal Layanan Optimal Bersama RSGM USU". Kegiatan berlangsung di Gedung RSGM USU, pada Kamis (27/06/2024).

RSGM USU merupakan rumah sakit khusus yang sejarahnya dimulai dari sebuah klinik gigi, kemudian Balai Pengobatan Gigi, dan akhirnya menjadi RSGM USU pada tahun 2002. Pada perayaan Dies Natalis kali ini, RSGM USU meluncurkan layanan eksekutif spesialis kedokteran gigi.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan menyatakan bahwa usia menunjukkan kemajuan dan kontribusi yang diharapkan. Membangun rumah sakit yang memiliki fungsi sebagai lembaga pendidikan dan layanan publik yang di dalamnya ada bisnis bukanlah hal yang mudah, dan hal tersebut penting untuk menambah sumber pendapatan, terutama untuk kampus PTN-BH. Oleh karena itu, rektor menekankan bahwa universitas akan senantiasa mendukung RSGM USU.

“Sebetulnya tidak mudah punya dua fungsi sekaligus, pendidikan dan layanan publik yang di dalamnya ada bisnis. Kampus PTN-BH itu sudah harus tidak punya ketergantungan lagi dengan pemerintah. Kita ada banyak unit layanan untuk memberikan sumber tambahan. RSGM menjadi salah satunya. Universitas akan selalu mendukung itu,” tutur Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU, Dr. drg. Essie Octiara, Sp.KGA., Subsp.PKOA(K), menyatakan bahwa RSGM USU merupakan mitra yang sangat penting karena menjadi wahana pendidikan utama bagi mahasiswa. Beliau juga mengatakan akan mendukung pembukaan klinik spesialis tersebut.

“Sebagai mitra yang paling penting, di mana kami menitipkan mahasiswa, wahana pendidikan utama bagi mahasiswa kami, kami sangat mengharapkan RSGM USU akan semakin berkembang. Dan di momentum kali ini kami sangat mendukung dengan dibukanya klinik spesialis,” kata Dr. drg. Essie Octiara, Sp.KGA., Subsp.PKOA(K).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, yang diwakili oleh dr. M. Emirsyah, MKM, juga dalam sambutannya mengungkapkan minimnya rumah sakit khusus di bidang gigi dan mulut di Sumatera Utara. Ini menjadi peluang dan tantangan bagi RSGM USU untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mudah diakses. Beliau berharap kehadiran RSGM USU dapat semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara.

“Untuk menopang sistem pelayanan kesehatan rujukan di Provinsi Sumut, hanya terdapat 2 rumah sakit khusus di bidang mulut. Ini menjadi peluang dan tantangan bagi RSGM dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mudah diakses. Saya berharap kehadiran RSGM USU di usia yang ke-22 tahun ini dapat semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumut,” ungkapnya.

Direktur RSGM USU, drg. Siti Salmiah, Sp.KGA., Subsp.KKA(K), menjelaskan bahwa tahun ini mencerminkan harapan untuk RSGM USU dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat serta berperan sebagai wadah pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa RSGM USU yang selama ini dikenal hanya sebagai tempat praktik mahasiswa, sebenarnya dapat memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan gigi bagi masyarakat secara keseluruhan.

“RSGM dituntut untuk lebih maju lagi melayani masyarakat juga sebagai penunjang akademik. RSGM USU selama ini hanya dikenal sebagai rumah sakit untuk anak koas berpraktik. Tapi tidak seperti itu. Jadi, silakan datang ke RSGM, kami akan melayani dan membuat kesehatan gigi masyarakat menjadi lebih baik lagi,” jelas drg. Siti Salmiah, Sp.KGA., Subsp.KKA(K).

Berita
Dies Natalis

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down