BRIN LPDP Mencari Periset Unggul di USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

BRIN LPDP Mencari Periset Unggul di USU
WhatsappTwitterFacebook

"Sosialisasi ini merupakan bentuk kerja sama antara BRIN LPDP dengan USU yang akan menjangkau mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi," terang Direktur Ditmawalumni USU. "


HUMAS USU - Dihadiri oleh mahasiswa dari 4 fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU) mulai dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Sosialisasi Program Manajemen Talenta BRIN dan Beasiswa Doktor LPDP berhasil digelar di Aula FISIP USU, Rabu (12/06/2024).


Senang melihat minat mahasiswa USU memanfaatkan kesempatan yang berharga untuk menggali potensi besar dalam Program Manajemen Talenta BRIN dan Beasiswa Doktor LPDP, dituturkan oleh Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU, Rahma Yurliani S.Psi., M.Psi., dalam sambutannya. Sebanyak 250 mahasiswa USU hadir dalam kegiatan sosialisasi ini.


Program Manajemen Talenta BRIN menjadi langkah konkrit dalam memperkuat infrastruktur sumber daya manusia yang andal dan berkompeten di berbagai sektor strategis. Beasiswa Doktor LPDP tidak hanya memberikan akses kepada individu berbakat untuk mengejar studi tingkat lanjut, tetapi juga memberikan dukungan finansial dan pengembangan kepemimpinan yang memungkinkan para penerima untuk berkontribusi secara signifikan bagi kemajuan bangsa.


Rahma Yurliani S.Psi., M.Psi., berharap melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kedua program ini kepada seluruh peserta, khususnya mahasiswa USU, serta memotivasi para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.


"Sosialisasi ini merupakan bentuk kerja sama antara BRIN LPDP dengan USU yang akan menjangkau mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi," tambah Direktur Ditmawalumni USU.


Sebagai narasumber pada sosialisasi sekaligus Analis Kerja Sama Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bakhtiardi Putra Siswinanda, S.Pd., menuturkan Program BRIN LPDP menyasar pada empat bidang yang menjadi kunci di Indonesia untuk diperdalam yaitu Advance University Utilization, Deep Sea Maritim, Radiation & Nuclear Technology dan Space & Aeronatics untuk melahirkan periset-periset unggul dikeempat bidang tersebut.


Seleksi beasiswa akan dimulai dari tanggal 19 Juni - 18 Juli 2024 mendatang melalui website LPDP secara langsung yang dapat diakses oleh mahasiswa. Untuk persyaratan disebutkan bahwa lulusan S1 maksimal berusia 25 tahun dan lulusan S2 maksimal berusia 27 tahun yang memiliki background keempat bidang yang telah disebutkan.


"BRIN LPDP ini diharapkan agar bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa USU untuk melahirkan periset handal. Saat ini yang dibutuhkan keempat bidang tersebut, namun tidak menutup kemungkinan kita akan membuka untuk bidang yang lain," tutur Bakhtiar.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Rahma Yurliani - Direktur Ditmawalumni

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
Alumni & Karir

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down