Alumni Gathering FH USU: Dukung Program Internasionalisasi

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"”Khususnya untuk memenuhi kriteria atau indikator dalam penilaian, yang di antaranya adalah: academic reputation, employer reputation, faculty/student ratio, dan beberapa indikator lainnya,” papar Prof Rikson."

HUMAS USU - Fakultas Hukum (FH) Universitas Sumatera Utara (USU) melangsungkan Alumni Gathering bertemakan “Faculty of Law USU Goes to Global” di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention pada Sabtu, (27/01/2024).


Prof. Rikson Asman Fertiles Siburian S.Si., M.Si., Ph.D selaku Manager Program Internasionalisasi DIKG USU mengatakan kegiatan alumni gathering merupakan upaya fakultas untuk mendukung program internasionalisasi yang dicanangkan universitas.


Prof Rikson juga menyampaikan untuk dapat mempercepat masuk ke dalam peringkat 500 World Class University (WCU) membutuhkan dukungan yang solid dari seluruh alumni USU.


”Khususnya untuk memenuhi kriteria atau indikator dalam penilaian, yang di antaranya adalah: academic reputation, employer reputation, faculty/student ratio, dan beberapa indikator lainnya,” papar Prof Rikson.


Prof Rikson menyampaikan bahwa tahun ini USU menduduki peringkat tertinggi yang memperoleh dana dari kementrian untuk upaya menaikkan tingkatan. Tahun ini USU mendapatkan 39 milyar pendanaan.


”Tahun ini kita dapat pendanaan 44 milyar, setelah dipotong pajak itu 39 milyar,” ujar Prof Rikson.


Pada kesempatan yang berbeda, Dekan FH, Dr. Mahmul Siregar, SH,M.Hum. menyampaikanFH USU memiliki 4 program studi dengan rincian program studi S-1 dan S-2 terakreditasi unggul, program studi S-3 terakreditasi baik sekali, dan program studi noktariatan sedang dalam proses akreditasi. Dekan FH juga mengatakan program studi S-1 fakultas hukum saat ini sedang mengikuti akreditasi internasional FIBAA dan sedang mengupayakan pembangunan infrastruktur untuk memenuhi standar internasional terseb.


”Karena tahun ini S-1 akan terakreditasi secara internasional, diikuti juga tahun ini akreditasi internasional S-2 dan S-3 ilmu hukum,” papar Dekan FH


DekanFH juga mengatakan telah banyak kolaborasi yang dilaksanakan antara fakultas hukum dengan alumni, di antaranya program alumni mengajar dan seminar. Dekan FH juga mengatakan terdapat alumni yang menyumbang beberapa ruangan di fakultas hukum.


”Kemudian para alumni kita juga nyumbang beberapa ruangan di fakultas,” ujar Dekan FH


Terakhir, Sekretaris Umum Ikatan Alumni (IKA) FH USU, Ahmad Sohari Damanik, SH., M.H, mengatakan akreditasi internasional yang saat ini sedang diupayakan akan terlaksana dengan baik apabila alumni mengambil peran dalam mendukung upaya tersebut.


”Itu akan mungkin bisa terlaksana secara baik kalau peran alumni itu bisa semaksimal mungkin bisa mendukung upaya itu,” tutur Ahmad.

Alumni & Karir
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down