headline

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Society of Renewable Energy (SRE) USU

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Society of Renewable Energy (SRE) USU adalah komunitas yang berdedikasi untuk mempromosikan dan mengembangkan energi terbarukan di lingkungan kampus dan masyarakat. Orang-orang terbaik di balik berdirinya organisasi ini percaya bahwa energi terbarukan adalah solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan energi saat ini dan masa depan. Melalui kegiatan edukasi, penelitian, dan aksi nyata, UKM ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya energi terbarukan dan menginspirasi perubahan positif dalam perilaku energi di lingkungan sekitar. UKM SRE USU rutin mengadakan diskusi, seminar, dan workshop untuk membahas topik-topik terkait energi terbarukan serta melakukan proyek-proyek nyata dalam implementasi teknologi energi terbarukan. UKM ini merupakan organisasi cabang dari SRE itu sendiri, yang delegasinya tersebar di 34 kampus ternama di Indonesia. Bagi mahasiswa USU yang memiliki minat dalam berkarya dan mencari pengalaman bernilai pada bidang pengembangan, UKM ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

Galeri Aktifitas

SRE at Industri PLTA Sigura-gura PT Inalum

SRE at Industri PLTA Sigura-gura PT Inalum

Membangun jembatan antara dunia akademisi dan industri energi baru terbarukan, UKM Society of Renewable Energy (SRE) USU melaksanakan kunjungan khusus ke PLTA Sigura-gura milik PT Inalum. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 11 Mei 2023, di Asahan, Sumatra Utara, dan bertujuan memperdalam pemahaman mengenai penerapan pembangkit listrik tenaga air serta memperkokoh komitmen dalam menurunkan emisi gas rumah kaca. Menghadirkan para finalis dan panitia NRE Fest 2023 serta anggota aktif SRE USU, acara ini sukses menggandeng sekitar 40 peserta yang antusias mengeksplorasi sinergi potensial dalam menjaga kenaikan temperatur global.

Study Tour SRE USU ke Bogor, Jawa barat

Study Tour SRE USU ke Bogor, Jawa barat

Dalam rangka National Energy, Climate, Sustainability Competition (NECSC) 2023, SRE USU mengorganisir sebuah study tour inspiratif ke Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, pada 20 Februari 2023. Kunjungan ini dirancang khusus untuk memperkaya wawasan mengenai teknologi pembibitan dan persemaian tanaman, yang memiliki peran krusial dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui peran penting pohon. Acara ini dihadiri oleh finalis NECSC 2022, perwakilan dari Kementrian LHK, dan dua anggota terpilih dari SRE USU, menciptakan platform kolaboratif untuk diskusi dan pembelajaran.

SRE USU di Forum Youth for Energy di Kedutaan Besar Swedia, Jakarta

SRE USU di Forum Youth for Energy di Kedutaan Besar Swedia, Jakarta

Pada tanggal 27 Mei 2023, Intan Permata Sari Purba selaku Founding President of SRE USU, berpartisipasi dalam Forum Youth for Energy yang diadakan di JS Luwansa Hotel and Convention Hall, Jakarta. Acara prestisius ini menjadi platform untuk membahas dampak sosioekonomi dari transisi hijau, menyoroti tantangan yang dihadapi Indonesia dalam pelatihan ulang tenaga kerjanya, dan bagaimana Uni Eropa bisa berbagi praktik terbaik dalam hal ini. Selain itu, forum ini juga memperkenalkan inisiatif Green Team Europe Initiatives (TEI) dan JETP, dengan fokus pada peran transisi energi dalam menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia. Acara ini juga memberi kesempatan untuk mempromosikan keahlian Eropa dalam mengembangkan solusi energi bersih dan menyoroti kebutuhan perusahaan masa depan untuk tenaga kerja yang terampil di bidang ini.

Informasi UKM

AlamatJl. Universitas, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20157

phone

082273376566

mail

sre.usu1@gmail.com

instagram

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down