headline

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Silat USU

Sejak berdirinya, UKM Silat USU sudah menjadi wadah bagi mahasiswa USU yang memiliki minat pada bela diri dan meningkatkan prestasi di bidang silat. UKM ini didirikan untuk menjaga dan mempromosikan warisan budaya Indonesia melalui seni bela diri tradisional yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa. Melalui latihan rutin dan program pengembangan diri, mahasiswa yang mengikuti UKM ini dikembangkan untuk menjadi atlet silat yang andal dan berprestasi. Mereka diajarkan teknik-teknik dasar, strategi bertanding, dan keterampilan mental yang diperlukan untuk meraih keberhasilan kompetisi ataupun pembelaan diri. UKM ini juga sering mengadakan pertunjukan silat dan workshop untuk memperkenalkan seni bela diri ini kepada masyarakat sekitar. UKM ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin memiliki kemampuan bela diri dan kepercayaan diri secara jasmani dan rohani.

Galeri Aktifitas

Asean Pencak Silat Championship 2021, Universitas Riau

Asean Pencak Silat Championship 2021, Universitas Riau

Pada era digital yang semakin terhubung, pertempuran tidak lagi terbatas pada dimensi fisik semata. Asean Pencak Silat Championship 2021 yang digelar secara daring oleh Universitas Riau menjadi saksi perjuangan menarik UKM Silat USU. UKM Silat USU mengambil bagian dalam kejuaraan dengan dua perwakilan, satu putra dan satu putri. Mereka berkomitmen dalam persiapan intensif, mengasah keterampilan dan strategi khas pencak silat untuk pertunjukan virtual. Semangat tak hanya terlihat di tatami, tetapi juga di dunia maya yang menuntut kesiapan mental dan teknis. Hasil akhir mungkin tak memenuhi harapan di semua kategori, tetapi tekad dan dedikasi UKM Silat USU patut diacungi jempol. Pencapaian utama datang dari pemain tunggal putri yang mencapai final, membuktikan bahwa usaha keras dan persiapan matang mampu membawa mereka ke puncak kompetisi. Meski hanya pemain tunggal putri yang mencapai final, partisipasi keseluruhan UKM Silat USU tetap mengesankan. Semangat pantang menyerah dan tekad tinggi yang mendorong lebih jauh serta ketekunan dalam meraih prestasi terbaik, bahkan di medan digital yang baru, menegaskan semangat juang sebagai kunci sukses utama.

Paku Bumi Open International Championship — Special Edition Paku Bumi Open X

Paku Bumi Open International Championship — Special Edition Paku Bumi Open X

Prestise dan dedikasi UKM Silat USU semakin cemerlang dengan meraih kesuksesan gemilang di Paku Bumi Open International Championship — Special Edition Paku Bumi Open X. Kejuaraan yang digelar di ITB Bandung, Jawa Barat, menjadi medan tempur bagi delapan anggota UKM Silat USU yang tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga mencetak jejak prestasi dengan memboyong delapan medali. Komitmen tinggi dan latihan keras yang dijalani oleh anggota UKM Silat USU benar-benar membuahkan hasil. Dalam kategori tunggal putra, UKM Silat USU mampu meraih medali emas yang menggambarkan ketangguhan dan ketajaman teknik. Namun, pencapaian gemilang ini tidak berhenti di situ. Dalam kategori tanding putra, Tim UKM Silat USU membuktikan dominasinya dengan memenangkan 3 medali emas dan 2 medali perak, menghadirkan pertunjukan yang mengagumkan di atas tatami. Tidak hanya putra, tetapi para pesilat putri UKM Silat USU juga memberikan kontribusi berharga. Dalam kategori tanding putri, mereka berhasil mempersembahkan 1 medali emas dan 1 medali perak, membuktikan bahwa semangat juang dan keterampilan yang dimiliki tak tertandingi.

Paku Bumi Open International Championship — Special Edition Paku Bumi Open X

Paku Bumi Open International Championship — Special Edition Paku Bumi Open X

Keberhasilan ini bukanlah semata tentang medali, melainkan juga tentang semangat kolektif dan kerja keras yang ditanamkan oleh UKM Silat USU. Mereka tak hanya meraih kejayaan dalam bentuk logam mulia, tetapi juga telah menunjukkan semangat persatuan, kegigihan, dan kecintaan terhadap pencak silat yang membanggakan universitas. Kegiatan ini telah menjadi panggung kemenangan bagi UKM Silat USU. Prestasi gemilang ini menjadi bukti nyata bahwa dengan tekad kuat, kerja keras, dan semangat yang tak kenal lelah, setiap tantangan dapat diatasi dan hasil yang gemilang dapat diraih. Perjalanan ini tidak hanya mengukir prestasi dalam sejarah UKM Silat USU, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus mengejar keunggulan dalam segala bidang.

Informasi UKM

AlamatLPPM USU

phone

082223352505/ 089530916162

mail

instagram

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down