headline

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket USU

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket USU adalah wadah bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam olahraga basket. UKM ini didirikan untuk mengembangkan keterampilan, semangat mahasiswa, dan integritas atletik, terutama dalam bidang olahraga basket. Kegiatan yang biasa dilakukan anggota UKM ini berupa latihan rutin, pertandingan internal kampus, hingga kompetisi eksternal bertanding dengan kampus lain di indonesia. Adanya UKM Basket USU secara resmi merupakan bentuk komitmen USU untuk mewujudkan prestasi yang membanggakan bagi Universitas Sumatera Utara serta mendukung kesehatan jasmani mahasiswa USU. Mahasiswa yang ingin menjadi anggota UKM Basket USU dapat melihat akun Instagram UKM tersebut untuk informasi lebih lanjut.

Galeri Aktifitas

Tim Basket USU

Tim Basket USU

Tim Basket Universitas Sumatera Utara adalah salah satu kebanggaan kampus ini yang telah mengukir sejarah panjang dalam dunia olahraga basket. Dengan dedikasi, semangat, dan prestasi mereka yang luar biasa, Tim Basket USU telah menjadi sorotan tidak hanya di tingkat regional, tetapi juga nasional. Tim Basket USU secara rutin mengadakan latihan, pertandingan internal di dalam kampus, dan kompetisi eksternal melawan universitas-universitas lain di Indonesia. Tim Basket USU juga memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan fisik dan semangat berkompetisi mahasiswa USU. Mereka adalah panutan dalam menjaga keseimbangan antara akademik dan olahraga, membuktikan bahwa keduanya bisa berjalan seiring.

Udayana Cup 2022

Udayana Cup 2022

Pada tanggal 12 hingga 16 Oktober 2023, Kampus Universitas Udayana Sudirman, Denpasar, menjadi tuan rumah Udayana Cup 2022, sebuah acara bergengsi di tingkat nasional yang mempertemukan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Meskipun kali ini tidak ada perwakilan dari UKM Basketball USU, semangat kompetisi, peningkatan pribadi, dan pertukaran pengetahuan tetap menjadi inti dari acara ini. Udayana Cup melibatkan berbagai cabang olahraga, kompetisi ilmiah, seni, dan budaya, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengejar prestasi dan mengasah keterampilan mereka. Semangat persaingan yang ketat dan kerja sama yang kuat terus mendorong peserta untuk meraih prestasi terbaik mereka. Harapannya, UKM Basketball USU dan komunitas lainnya akan terus berpartisipasi pada masa depan, membawa semangat positif yang ditawarkan oleh Udayana Cup ke level yang lebih tinggi.

Juara 1 Putra USU Basketball 2023

Juara 1 Putra USU Basketball 2023

Setelah mengalami masa henti yang panjang akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia, turnamen USU Basketball 2023 akhirnya bisa digelar kembali. Digelar pada 4 Februari hingga 18 Maret 2023, di Lapangan Basket Cikal USU. Hadirnya turnamen ini merupakan angin segar bagi komunitas mahasiswa di Universitas Sumatera Utara. Kemeriahan turnamen ini tidak hanya terlihat dari ketertarikan mahasiswa untuk kembali berkompetisi, tetapi juga dari partisipasi yang semakin beragam, dengan sebelas tim putra yang mewakili berbagai fakultas. Kompetisi ini membuktikan bahwa semangat olahraga dan persaingan yang sehat tetap menyala di hati mahasiswa, bahkan setelah menghadapi tantangan besar seperti pandemi. Namun, prestasi yang paling membanggakan adalah keikutsertaan anggota UKM Basketball USU yang turut berperan dalam tim yang meraih Juara 1 Putra USU Basketball 2023. Keberhasilan ini tidak hanya sebuah pencapaian individu, tetapi juga merupakan bukti nyata dari semangat kerja sama tim yang kuat. Prestasi mereka adalah inspirasi bagi seluruh komunitas kampus untuk terus mendukung semangat olahraga, kerja sama tim, dan semangat juang yang tak tergoyahkan pada masa-masa sulit.

Informasi UKM

AlamatJl. Dr. Mansyur No. 82, Merdeka, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20153

instagram

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down