headline

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ad-Dakwah USU

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ad-Dakwah USU merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa Islam yang telah berdiri sejak tahun 1995. UKM ini berawal dari beberapa mahasiswa Muslim USU yang peduli akan perkembangan kehidupan beragama di kampus USU. Sebagai UKM dakwah, UKM ini aktif melaksanakan pengajian rutin dan mengadakan kajian keagamaan dengan mengundang para ahli agama yang berintelektual. Berdasarkan departemen dan lembaga yang ada di UKM ini, seperti Kaderisasi, Kajian Kontemporer, Komunikasi Dakwah, Dana dan Usaha, Kajian Muslimah, Dakwah Training Centre, serta Lembaga Jurnalistik, UKM Ad-Dakwah USU mengharapkan para anggotanya mampu menjalankan organisasi berdasarkan syariat Islam sehingga bergabung di UKM ini akan menjadi ladang pahala serta menjadi sarana komunikasi dengan Allah SWT.

Galeri Aktifitas

Riayah Pementor (Kajian Pementor) Jilid 1

Riayah Pementor (Kajian Pementor) Jilid 1

Riayah Pementor bukan sekadar sebuah kegiatan rutin, melainkan sebuah strategi penting bagi para mentor untuk terus meningkatkan kapabilitas mereka. Dalam agenda ini, mentor bertekad memberikan bimbingan, saran, dan arahan yang tepat guna membantu mencapai tujuan mereka. Untuk mencapai kesuksesan ini, seorang mentor harus memiliki kemampuan unik dalam mendengarkan dan memahami dengan empati kebutuhan individu yang dibimbing, serta memberikan umpan balik yang jujur dan konstruktif. Kegiatan Riayah Pementor yang dijadwalkan pada tanggal 12 Februari 2023 di Taman Perpustakaan USU adalah momen berharga. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperkuat basis ilmu dan meningkatkan aspek moral, terutama dalam konteks pemberian bimbingan kepada adik asuh. Para mentor yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan diberi pemahaman yang lebih mendalam tentang cara efektif membimbing dan memotivasi adik asuh mereka sehingga memperkokoh komunitas mentoring yang kuat dan berpandangan ke depan.

Kajian Rutin (Tasqif) Ulumul Syar'i

Kajian Rutin (Tasqif) Ulumul Syar'i

Tasqif/Ulumul Syar'i adalah inisiatif yang sangat penting yang dilakukan oleh UKMI USU. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan tsaqafah islamiyyah atau pengetahuan Islam di kalangan para kader UKMI dan juga mahasiswa/mahasiswi secara umum. Kegiatan ini dijalankan dengan disiplin, yaitu setiap pekan sekali, dengan menyelenggarakan kajian Islam yang terbuka untuk seluruh mahasiswa muslim USU. Melalui Tasqif/Ulumul Syar'i, mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang Islam, baik dari segi teori maupun praktiknya. Ini membantu mereka dalam mengembangkan keyakinan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang agama mereka. Selain itu, kegiatan ini berfungsi sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi antara sesama mahasiswa muslim USU. Dengan melibatkan seluruh komunitas mahasiswa muslim, Tasqif/Ulumul Syar'i bukan hanya tentang peningkatan pengetahuan agama, melainkan juga tentang membangun ikatan sosial dan kebersamaan yang kuat di kalangan mahasiswa. Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual dan intelektual mereka serta memperkaya pengalaman perguruan tinggi mereka secara keseluruhan.

Training Dasar Keislaman (Tekad) 3

Training Dasar Keislaman (Tekad) 3

Training Dasar Keislaman (Tekad 3) adalah salah satu kegiatan penting yang diselenggarakan oleh UKMI Ad-Dakwah USU dengan tujuan yang sangat jelas: regenerasi kader UKMI untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dalam organisasi tersebut di Universitas Sumatera Utara. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 21, 22, dan 23 Maret 2023. Setiap tahap dari kegiatan ini dirancang dengan cermat untuk menciptakan pemahaman mendalam tentang islam yang kuat dan nilai-nilai organisasi UKMI Ad-Dakwah USU. Selama periode ini, kader dari berbagai fakultas berkumpul untuk memahami peran mereka dalam organisasi ini dan bagaimana mereka dapat berkontribusi secara positif. Tekad 3 juga memiliki fokus pada regenerasi kepengurusan. Melalui pelatihan ini, kader-kader muda diajarkan tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, dan keterampilan-keterampilan lain yang diperlukan untuk mengelola UKMI dengan baik. Ini menciptakan pondasi yang kuat bagi pengembangan organisasi yang berkelanjutan.

Informasi UKM

AlamatLantai 2 Gedung BT/BS Ad-Dakwah, Jl. Nazir Alwi No. 01, Medan 20154

youtubetwitterfacebookinstagram

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down