Workshop PBL Teaching Mode FH USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Kita sudah melakukan kerja sama dengan Fakultas Hukum Massstricht University dan hari ini kita realisasikan beberapa komitmen kerja sama kita, hari ini sebenarnya adalah komitmen kita bersama untuk merealisasikan apa yang kita bicarakan waktu di Belanda kemarin,” jelasnya. "

HUMAS USU - Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan workshop Problem Based Learning Teaching Methode yang dilaksanakan dengan 2 sesi pada Rabu (29/11/2023) di Ruang Senat Akademik Lantai 2 Biro Akademik untuk sesi pertama, dan Ruang DPF Fakultas Hukum USU untuk sesi kedua. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari negara Belanda, Massstricht University yaitu Dr. Sascha Hardt (.S).

Dekan Fakultas Hukum Dr. Mahmul Siregar, SH.,M.Hum menjelaskan bahwa workshop ini diadakan sebagai terealisasikannya salah satu bentuk komitmen kerja sama antara Fakultas Hukum USU dengan Fakultas Hukum Massstricht University yang sudah sempat diperbincangkan pada saat di negara belanda lalu.

“Kita sudah melakukan kerja sama dengan Fakultas Hukum Massstricht University dan hari ini kita realisasikan beberapa komitmen kerja sama kita, hari ini sebenarnya adalah komitmen kita bersama untuk merealisasikan apa yang kita bicarakan waktu di Belanda kemarin,” jelasnya.


Wakil Dekan Fakultas Hukum Dr. Agusmidah, SH.,M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini menghadirkan langsung narasumber dari Massstricht UniversityDr. Sascha Hardt (.S) yang merupakan salah satu dosen Fakultas Hukum yang akan memaparkan bagaimana pengajaran menggunakan problem based learning yang biasa mereka terapkan.


“Workshop tadi tentang cara mengajar ya teaching method dengan menggunakan problem based learning dan itu lazim ya di fakultas hukum di luar negeri jadi makannya kita hadirkan langsung narasumbernya dari universitas yang sudah menerapkan itu,” ujarnya.


Menyiapkan sejumlah prasarana pendukung yang tepat sehingga problem based learning mampu ter arah dan menjadi satu pedoman bersama demi mendapat capaian pembelajaran mata kuliah terlaksana dengan baik merupakan poin penting yang dikatakan oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum Dr. Agusmidah, SH.,M.Hum berdasarkan pemaparan materi dari narasumber.


“Poin pentingnya adalah dengan apa yang tadi beliau sampaikan kita harus menyiapkan sejumlah prasarana, sejumlah yang tepat sehingga problem based learning itu bisa ter arah dan menjadi satu pedoman bersama yang bisa mencapai capaian pembelajaran setiap mata kuliah itu terlaksana dengan baik,” sebutnya.


Dr. Agusmidah, SH.,M.Hum juga berharap kedepanya Fakultas Hukum USU dapat menerapkan problem based learning yang sesuai, dan tidak berdasarkan opini semata.


“Harapan kedepannya kita bisa menerapkan problem based learning ini sesuai dengan koridor yang ada jadi tidak berdasarkan opini semata,” tutupnya.

Kampus merdeka
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down