Seminar OJK-FEB USU Targetkan Mahasiswa Pengembangan Riset

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Melalui seminar yang dilaksanakan pada hari ini, ada berbagai kegiatan kerjasama lanjutan. Terutama yang mendukung bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada bidang riset, jelas Dr. Fadli."



HUMAS USU - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menggelar seminar OJK Berbagi, yang bertajuk “Berkarya Bersama Membangun Negeri”. Berlangsung di Aula Prof Suhadji Hadibroto FEB USU, pada Selasa (19/03/2024).


Dalam seminar ini, tidak kurang dari 16 universitas di Kota Medan turut ambil bagian. Tujuan utamanya adalah untuk memperluas wawasan para mahasiswa serta memberikan informasi yang komprehensif terkait peran dan fungsi OJK dalam perekonomian Indonesia.


Dekan FEB USU, Dr. Fadli, S.E., M. Si, menyatakan bahwa seminar ini merupakan langkah lanjutan dari sejumlah kerjasama FEB USU bersama OJK. Melalui kegiatan ini, terdapat peluang kerjasama dalam bidang riset, pengembangan metode pembelajaran, dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.


“Melalui seminar yang dilaksanakan pada hari ini, ada berbagai kegiatan kerjasama lanjutan. Terutama yang mendukung bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada bidang riset,” jelas Dr. Fadli.


Dr. Fadli, S.E., M. Si, juga mengungkapkan harapannya agar rencana program kerjasama, termasuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dapat memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa serta meningkatkan kualitas pendidikan di FEB USU.


“Kemudian ada juga rancangan program kerjasama melalui program MBKM, untuk mahasiswa bisa magang di OJK, yang harapannya bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa,” harap Dr. Fadli.


Saut Simanjuntak, selaku Kepala Departemen di OJK Institute, dengan antusias menyampaikan bahwa hari itu merupakan momentum penting untuk menyebarkan informasi dan memperkuat kerjasama antara OJK dan lembaga pendidikan seperti FEB USU. Beliau juga menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam mendorong inovasi dan pembangunan di sektor keuangan.


“Kita pilih mahasiswa sebagai target, karena memang untuk saat ini riset yang kita lakukan itu banyak dihubungkan dengan anak muda, terkait dengan digital.Karena di kampus, dosen umumnya banyak melakukan pengajaran kepada mahasiswa dan penelitian juga yang hasilnya diseminasikan dengan memanfaatkan digital,” jelas Saut.


Menurut Deputi Direktur Pengawasan LJK II Kantor OJK Provinsi Sumatera Utara, Anton Purba, kegiatan ini memberikan harapan baru bagi mahasiswa untuk memahami peran strategis OJK dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Beliau menggarisbawahi bahwa OJK bukan hanya bertanggung jawab terhadap sektor perbankan, tetapi juga menyelenggarakan pengawasan dan regulasi terhadap pasar modal dan lembaga jasa keuangan lainnya.


“Harapannya, rekan-rekan mahasiswa lebih mengenal mengenai OJK dan menjadi pelopor untuk mendiseminasikan mengenai formasi-formasi perbankan yang disampaikan oleh OJK sebagai salah satu upaya peningkatan edukasi dan literasi masyarakat Sumatera Utara secara umum,” harap Anton.

Pendidikan
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down