Asesmen Prodi Agroteknologi Kampus Kab. Nias Utara FP USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Ini untuk memastikan skema proses pembelajaran selama ini berbasis pada akreditasi. FP satu-satunya fakultas dengan PSDKU. Mereka akan mendapat feedback untuk memperbaiki segala sesuatu terkait sistem penjaminan mutu internal. Mudah-mudahan akan membawa semangat dalam upaya memperkuat PSDKU, jelas Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A"



HUMAS USU - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan Asesmen Lapangan Program Studi Agroteknologi Kampus Kab. Nias Utara Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sumatera Utara (USU). Kegiatan berlangsung di Gedung DH Penny FP USU dan secara daring, pada Selasa (29/05/2024).


Asesmen diikuti oleh Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si. dan jajaran Pemerintah Kab. Nias Utara secara daring. Adapun tim asesor terdiri dari dua orang, Prof. Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P. dari Universitas Sebelas Maret dan Dr. Ir. Abimanyu Dipo Nusantara, M. P. dari Universitas Prof Dr Hazairin SH diterima langsung oleh Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A selaku Wakil Rektor I USU.


Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Fakultas Pertanian ini merupakan yang pertama dan satu satunya di USU. Didirikan sejak 2021, program ini memiliki 2 prodi yakni Agroteknologi dan Manajemen Sumber Daya Perairan yang sedang dilakukan proses akreditasi.


Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A menuturkan asesmen ini dilakukan untuk memastikan semua skema proses pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan standar akreditasi. Ini menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi Fakultas Pertanian untuk mendapatkan umpan balik dari asesor setelah tiga tahun menjalankan program tersebut.

“Ini untuk memastikan skema proses pembelajaran selama ini berbasis pada akreditasi. FP satu-satunya fakultas dengan PSDKU. Mereka akan mendapat feedback untuk memperbaiki segala sesuatu terkait sistem penjaminan mutu internal. Mudah-mudahan akan membawa semangat dalam upaya memperkuat PSDKU,” tutur Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A


Pada kesempatan yang sama, Dekan FP USU Prof. Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S. menyampaikan harapannya agar kampus di Nias Utara ini dapat berkembang lebih baik dan menjadi mandiri. Beliau mengungkapkan, setelah 5 tahun akan dilakukan peninjauan kembali untuk kampus dapat berdiri sendiri.

“Tentu, seperti cita-cita kita dulu, berkembang lebih baik, dan kalau bisa berdiri sendiri setelah kita bantu selama 5 tahun, nanti akan ditinjau kembali. Kita sebenarnya hanya membantu untuk bisa melaksanakan program studi secara mandiri di Nias Utara,” ungkap Prof. Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S.

Tata Kelola
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down