8th National Conference on Industrial Engineering TI USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

 8th National Conference on Industrial Engineering TI USU
WhatsappTwitterFacebook

"Pesan saya kepada mahasiswa, manfaatkan dan ambillah ilmu yang bermanfaat saat paparan materi, karena hal itu akan menjadi modal bagi mahasiswa untuk kedepannya, kata Prof. Himsar"



HUMAS USU - Dalam upaya mengurangi dampak negatif penggunaan energi, transportasi, konsumsi dan pengelolaan limah, Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar 8th National Conference on Industrial Engineering dengan mengangkat tema "Sustainable Solution for Everyday Life" secara hybrid, di Gelanggang Mahasiswa USU dan zoom meeting, pada Jumat (31/05/2024).


Memberikan kontribusi signifikan terhadap Sustainable Development Goals, yang tercantum juga didalam salah satu indikator pemeringkatan program studi, implementasi seminar ini menurut Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita ST., MT., dinilai sangat berpengaruh serta memberikan wawasan, pengalaman dan insight yang banyak. Hal ini juga menyasar pada Laboratorium Sistem Produksi USU dalam perencanaan dan pengembangan produk di bidang Kesehatan, sekaligus menjadi pedoman pengetahuan bagi USU untuk menjalankan tugas yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Selain itu, Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita ST., MT., selaku Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global menjelaskan peran kegiatan ini juga berkontribusi terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU). Salah satunya seperti jumlah karya dosen yang dimanfaatkan oleh dunia industri, bagaimana ide-ide penelitian dapat dimanfaatkan. Acara ini diharapkan menjadi pemantik bagi sivitas akademika dan mahasiswa USU juga dapat menunjukkan karya yang bisa dipublikasikan sehingga diaplikasi untuk masyarakat.


Pesan penutur disampaikan oleh Prof. Himsar, yaitu agar acara seminar ini terus berlanjut dan hasilnya akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding yang ada di Talenta Publisher. Teknik Industri juga diharapkan dapat menjaga keberlanjutan conference ini, sehingga menjadi bendera yang dapat mengenalkan Teknik Industri di Indonesia bahkan kancah Internasional.


Prof Himsar menambahkan dalam wawancaranya,"Para keynote speaker yang hadir selain akademisi juga para praktisi yang akan menjelaskan bagaimana ide penelitian kita dapat dimanfaatkan dalam Sustainable Development Goals, sehingga ilmu ini memberikan banyak kebermanfaatan khususnya bagi mahasiswa USU,"


Menjadi sarana yang mengintegrasikan berbagai ilmu pengetahuan serta memicu semangat mahasiswa, Ir. Aulia Ishak, S.T., M.T., Ph.D, IPU selaku Kepala Program Studi Teknik Industri USU diikuti dengan Prof. Dr. Ir. Renita Manurung, M.T. selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Berisikan kegiatan yang membagikan informasi serta ide-ide luar biasa dalam fokus desain produk tepat guna yang membutuhkan pembangunan berkelanjutan, menjadikan seminar ini sebagai wadah penimba bekal mahasiswa USU.


"Pesan saya kepada mahasiswa, manfaatkan dan ambillah ilmu yang bermanfaat saat paparan materi, karena hal itu akan menjadi modal bagi mahasiswa untuk kedepannya," tambah Wakil Dekan I FT USU.


Sudah menjadi agenda tahunan Laboratorium Sistem Produksi USU untuk mendorong publikasi dan meningkatkan eksistensi dari segi keilmuan Teknik Industri kepada pihak eksternal menjadi tujuan inti seminar ini disebutkan oleh Ketua Panitia NCIE 2024, Abdillah Thoha. Rangkaian kegiatan dimulai dari parallel presentation, kompetisi paper hingga seminar nasional. Tahun ini NCIE 2024 menerima 171 artikel yang akan diterbitkan pada prosiding Talenta Series Energy and Engineering.


Tidak hanya mahasiswa USU saja yang dapat berkompetisi pada kegiatan ini, mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia juga memiliki kesempatan untuk ikut berpartisipasi. Seluruh rangkaian kegiatan terlaksana selama 2 hari mulai dari 30-31 Mei 2024.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Prof. Himsar Ambarita - Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
Kehidupan Kampus

Fitur Aksesibilitas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

A11Y

HOME

MENU

CARI

Scroll Down