Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU) telah ada sejak tahun 1985. Pada awalnya, program ini merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran (FK) hingga tahun 1994 ketika Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) mendirikan program studi sendiri. Sejak itu, Program Sarjana Kesehatan Masyarakat telah menghasilkan lulusan yang berprestasi di bidang kesehatan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia.
Fokus utama Program Sarjana Kesehatan Masyarakat adalah mempelajari ilmu dan seni pencegahan penyakit, perpanjangan umur, dan peningkatan kesehatan melalui upaya terorganisasi serta penyediaan informasi bagi masyarakat, organisasi publik dan swasta, komunitas, dan individu. Dibimbing oleh para ahli di bidang kesehatan masyarakat yang memiliki sertifikat ajar nasional dan didukung oleh kurikulum terpadu, kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan pengalaman belajar yang interaktif kepada mahasiswa kami. Kami berharap agar mahasiswa kami dapat menjadi yang terbaik dalam bidang kesehatan masyarakat dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman baik dalam skala nasional maupun internasional. Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat membuka peluang bagi mahasiswa kami untuk meniti karir sebagai ahli biologi, manajer data klinis, koordinator riset klinis, peneliti medis, manajer layanan medis, pengendali mutu produk, ahli gizi, penyuluh kesehatan masyarakat, dan berbagai profesi lainnya.
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Terakreditasi Unggul
No. 0458/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2023
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Sertifikat Akreditasi Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Terakreditasi Unggul
No. 0458/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2023
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Sertifikat Akreditasi Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Profil Lulusan
Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program pendidikan di Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM USU berhak menyandang gelar akademik Sarjana Kesehatan Masyarakat atau disingkat S.K.M.
Lama Studi
Beban belajar sebanyak 144 sks yang dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester dan paling lama 14 (empat belas) semester. Satu tahun akademik terdiri atas 2 (dua) semester, yaitu semester ganjil dan semester genap.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat FKM USU memiliki 8 kompetensi utama yang tertuang dalam capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran ini didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
- 1Mampu melakukan kajian dan analisis situasi (analytic/assessment skills).
- 2Mampu mengembangkan kebijakan dan perencanaan program (policy development/program planning skills).
- 3Mampu berkomunikasi secara efektif (communication skills).
- 4Mampu memahami budaya setempat (cultural competency skills).
- 5Mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).
- 6Memiliki penguasaan Ilmu Kesehatan Masyarakat (public health science skills).
- 7Mampu merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen (financial planning and management skills).
- 8Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berpikir sistem (leadership and system thinking skills).
Kelompok Keilmuan
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan dalam Kesehatan Masyarakat fokus pada pengembangan dan penerapan kebijakan kesehatan dan sistem manajemen dalam lingkup organisasi dan sistem kesehatan. Mereka mempelajari bagaimana merancang dan mengelola sistem kesehatan yang efektif dan efisien, serta mengembangkan kebijakan kesehatan yang berkelanjutan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Contoh aplikasi dari kelompok keilmuan ini meliputi analisis kebijakan kesehatan, manajemen sumber daya kesehatan, evaluasi program kesehatan, serta manajemen risiko dan krisis kesehatan. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem kesehatan, memperkuat kapasitas organisasi dan sistem kesehatan, serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kelompok keilmuan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan berperan penting dalam memajukan kebijakan kesehatan dan memperbaiki sistem kesehatan di seluruh dunia.
Epidemiologi
Epidemiologi
Epidemiologi dalam Kesehatan Masyarakat dalam program magister Kesehatan Masyarakat memusatkan perhatiannya pada studi penyebab, distribusi, dan kontrol penyakit di tingkat populasi manusia. Ilmu ini mencakup metodologi yang canggih untuk mengumpulkan dan menganalisis data kesehatan yang berkaitan dengan penyakit, serta menggunakan prinsip-prinsip epidemiologi untuk mengidentifikasi faktor risiko dan penyebab penyakit. Mahasiswa dalam kelompok keilmuan ini mempelajari berbagai teknik surveilans penyakit, metode investigasi wabah penyakit, penelitian penyakit kronis, dan pengembangan strategi pencegahan dan kontrol penyakit. Mereka juga memahami bagaimana epidemiologi dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan kesehatan masyarakat, termasuk pengelolaan pandemi, penanggulangan penyakit menular, dan pencegahan penyakit kronis. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang faktor risiko penyakit, distribusi penyakit, dan epidemiologi di tingkat populasi. Selain itu, tujuan utama adalah untuk mengembangkan strategi pencegahan yang efektif dan kebijakan kesehatan masyarakat yang berbasis bukti untuk mengendalikan penyakit. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan kesehatan masyarakat yang lebih luas, seperti meningkatkan kualitas hidup dan harapan hidup serta mengurangi beban penyakit dan kematian prematur.
Kependudukan dan Biostatistika
Kependudukan dan Biostatistika
Kependudukan dan Biostatistika dalam Kesehatan Masyarakat dalam program magister Kesehatan Masyarakat adalah salah satu inti dari ilmu kesehatan populasi. Mereka fokus pada teknik-teknik pengumpulan, analisis, dan interpretasi data terkait kesehatan manusia dan karakteristik populasi. Metode statistik digunakan untuk menggali pola dan tren dalam data populasi, termasuk aspek demografis seperti kematian, kelahiran, dan migrasi, serta prevalensi penyakit. Para mahasiswa dalam kelompok keilmuan ini mempelajari pemodelan demografi, analisis data epidemiologi, desain penelitian kesehatan, dan evaluasi program kesehatan. Mereka memahami bagaimana menggunakan statistik untuk membimbing kebijakan dan intervensi kesehatan masyarakat yang lebih baik, serta mengukur dampak dan efektivitas program kesehatan. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pola dan tren kesehatan dalam populasi manusia. Hal ini bertujuan untuk membimbing pengambilan keputusan yang lebih baik di bidang kesehatan masyarakat, termasuk perencanaan program kesehatan dan evaluasi kebijakan kesehatan. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan strategi efektif untuk mengelola dan meningkatkan kesehatan populasi, dengan fokus pada mencegah penyakit, mempromosikan kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Kesehatan Reproduksi dan Keluarga
Kesehatan Reproduksi dan Keluarga
Kesehatan Reproduksi dan Keluarga dalam Kesehatan Masyarakat fokus pada pemahaman dan penerapan praktik kesehatan untuk mendukung kesehatan reproduksi dan keluarga. Mereka mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi dan keluarga, termasuk aspek biologis, sosial, dan budaya. Contoh aplikasi dari kelompok keilmuan ini meliputi pelayanan kesehatan reproduksi, pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan, penanganan komplikasi kehamilan, promosi kesehatan keluarga, dan pengembangan program kesehatan reproduksi dan keluarga. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan aksesibilitas terhadap layanan kesehatan reproduksi dan keluarga yang berkualitas, memperbaiki kesehatan ibu dan bayi, serta mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Kelompok keilmuan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga berperan penting dalam memajukan kesehatan reproduksi dan keluarga, serta membantu meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Kesehatan Masyarakat mempelajari risiko dan faktor yang mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja. Mereka mengevaluasi dampak paparan bahan kimia, lingkungan kerja, dan kondisi kerja pada kesehatan pekerja. Contoh aplikasi dari kelompok keilmuan ini meliputi pengembangan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja, manajemen risiko, pencegahan cedera dan penyakit akibat kerja, dan promosi kesehatan di tempat kerja. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang risiko lingkungan kerja dan dampaknya pada kesehatan pekerja, serta mengembangkan strategi untuk mengurangi risiko dan mempromosikan kesehatan di tempat kerja. Kelompok keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja berperan penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja, serta membantu meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
Gizi Masyarakat
Gizi Masyarakat
Gizi Masyarakat dalam program magister Kesehatan Masyarakat memiliki fokus utama pada studi tentang faktor-faktor yang memengaruhi kecukupan gizi dan kesehatan masyarakat. Mereka menganalisis secara mendalam pola makan, status gizi, dan kebiasaan makan dari populasi, serta menganalisis dampaknya terhadap kesehatan dan penyakit. Aplikasi praktis dari kelompok keilmuan ini mencakup berbagai aspek, seperti peningkatan gizi masyarakat, pencegahan dan pengelolaan obesitas, promosi pemberian ASI eksklusif, dan pencegahan defisiensi zat gizi. Para mahasiswa mempelajari strategi dan program untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi dan makanan yang sehat. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi yang optimal dalam kehidupan sehari-hari dan memperbaiki pola makan masyarakat. Dalam perannya yang penting, kelompok keilmuan Gizi Masyarakat berkontribusi pada upaya menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan dengan mendorong gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit terkait gizi. Mereka merancang dan melaksanakan program-program gizi yang bertujuan untuk memastikan masyarakat memiliki akses terhadap informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai gizi yang optimal. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit kronis terkait gizi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.
Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan dalam Kesehatan Masyarakat mempelajari dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat. Mereka mengevaluasi kualitas udara, air, dan tanah, serta risiko paparan zat kimia dan bahan berbahaya pada kesehatan manusia. Contoh aplikasi dari kelompok keilmuan ini meliputi pencegahan dan pengelolaan penyakit terkait lingkungan seperti malaria, diare, dan keracunan bahan kimia, serta pengembangan kebijakan dan program lingkungan yang berkelanjutan. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mencegah penyakit terkait lingkungan. Kelompok keilmuan Kesehatan Lingkungan berperan penting dalam mempromosikan kesehatan masyarakat secara keseluruhan dengan melindungi lingkungan dan mencegah penyakit terkait lingkungan.
Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku dalam Kesehatan Masyarakat mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi perilaku kesehatan dan bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan. Mereka mengevaluasi pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan, serta strategi perilaku kesehatan dalam mengubah perilaku kesehatan yang tidak sehat menjadi sehat. Contoh aplikasi dari kelompok keilmuan ini meliputi pengembangan program kesehatan masyarakat, kampanye promosi kesehatan, dan pencegahan perilaku merugikan seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan perilaku seksual yang tidak aman. Tujuan utama dari kelompok keilmuan ini adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang perilaku kesehatan yang sehat, serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan perilaku kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Kelompok keilmuan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku berperan penting dalam mempromosikan kesehatan masyarakat secara keseluruhan dengan mengubah perilaku kesehatan yang tidak sehat menjadi sehat.
Staf Pengajar
Evi Naria
NIP. 196803201993032001
Dosen Tetap
Evi Naria
196803201993032001
Dosen Tetap
Rusmalawaty
NIP. 197508042002122001
Dosen Tetap
Rusmalawaty
197508042002122001
Dosen Tetap
Evawany Yunita Aritonang
NIP. 196806161993032008
Dosen Tetap
Evawany Yunita Aritonang
196806161993032008
Dosen Tetap
Albiner Siagian
NIP. 196706131993031004
Dosen Tetap
Albiner Siagian
196706131993031004
Dosen Tetap
Heru Santosa
NIP. 195811101984031002
Dosen Tetap
Heru Santosa
195811101984031002
Dosen Tetap
Irnawati Marsaulina
NIP. 196501091994032002
Dosen Tetap
Irnawati Marsaulina
196501091994032002
Dosen Tetap
Syarifah
NIP. 196112191987032002
Dosen Tetap
Syarifah
196112191987032002
Dosen Tetap
Ernawati Nasution
NIP. 197002121995012001
Dosen Tetap
Ernawati Nasution
197002121995012001
Dosen Tetap
Rahayu Lubis
NIP. 196504251997022001
Dosen Tetap
Rahayu Lubis
196504251997022001
Dosen Tetap
Hiswani
NIP. 196501121994022001
Dosen Tetap
Hiswani
196501121994022001
Dosen Tetap
Rasmaliah
NIP. 195908181985032002
Dosen Tetap
Rasmaliah
195908181985032002
Dosen Tetap
Kalsum
NIP. 195908131991032001
Dosen Tetap
Kalsum
195908131991032001
Dosen Tetap
Lina Tarigan
NIP. 195908061988112001
Dosen Tetap
Lina Tarigan
195908061988112001
Dosen Tetap
Tukiman
NIP. 196110241990031003
Dosen Tetap
Tukiman
196110241990031003
Dosen Tetap
Zulfendri
NIP. 196410041991031005
Dosen Tetap
Zulfendri
196410041991031005
Dosen Tetap
Lita Sri Andayani
NIP. 196909221994032002
Dosen Tetap
Lita Sri Andayani
196909221994032002
Dosen Tetap
Asfriyati
NIP. 197012201994032001
Dosen Tetap
Asfriyati
197012201994032001
Dosen Tetap
Namora Lumongga Lubis
NIP. 197210042000032001
Dosen Tetap
Namora Lumongga Lubis
197210042000032001
Dosen Tetap
Destanul Aulia
NIP. 197512282005011002
Dosen Tetap
Destanul Aulia
197512282005011002
Dosen Tetap
Gerry Silaban
NIP. 196202061992031002
Dosen Tetap
Gerry Silaban
196202061992031002
Dosen Tetap
Surya Utama
NIP. 196108311989031001
Dosen Tetap
Surya Utama
196108311989031001
Dosen Tetap
Halinda Sari Lubis
NIP. 196506151996012001
Dosen Tetap
Halinda Sari Lubis
196506151996012001
Dosen Tetap
Eka Lestari Mahyuni
NIP. 197911072005012003
Dosen Tetap
Eka Lestari Mahyuni
197911072005012003
Dosen Tetap
Eddy Syahrial
NIP. 195907131987031001
Dosen Tetap
Eddy Syahrial
195907131987031001
Dosen Tetap
Alam Bakti
NIP. 196206041992031001
Dosen Tetap
Alam Bakti
196206041992031001
Dosen Tetap
Isyatun Mardhiyah Syahri
NIP. 197701302006042001
Dosen Tetap
Isyatun Mardhiyah Syahri
197701302006042001
Dosen Tetap
Sri Malem Indirawati
NIP. 197108072005012005
Dosen Tetap
Sri Malem Indirawati
197108072005012005
Dosen Tetap
Arfah Mardiana Lubis
NIP. 198203012008122002
Dosen Tetap
Arfah Mardiana Lubis
198203012008122002
Dosen Tetap
Taufik Ashar
NIP. 197803312003121001
Dosen Tetap
Taufik Ashar
197803312003121001
Dosen Tetap
Devi Nuraini Santi
NIP. 197002191998022001
Dosen Tetap
Devi Nuraini Santi
197002191998022001
Dosen Tetap
Dhani Syahputra Bukit
NIP. 198704262015041002
Dosen Tetap
Dhani Syahputra Bukit
198704262015041002
Dosen Tetap
Ecia Meilonna Koka
NIP. 199009072019032015
Dosen Tetap
Ecia Meilonna Koka
199009072019032015
Dosen Tetap
Jemadi
NIP. 196404041992031005
Dosen Tetap
Jemadi
196404041992031005
Dosen Tetap
Lanova Dwi Arde M
NIP. 198811052015042002
Dosen Tetap
Lanova Dwi Arde M
198811052015042002
Dosen Tetap
Maya Fitria
NIP. 197610052009122003
Dosen Tetap
Maya Fitria
197610052009122003
Dosen Tetap
Erna Mutiara
NIP. 196408261990032002
Dosen Tetap
Erna Mutiara
196408261990032002
Dosen Tetap
Sri Rahayu Sanusi
NIP. 197112251995012001
Dosen Tetap
Sri Rahayu Sanusi
197112251995012001
Dosen Tetap
Siti Khadijah Nasution
NIP. 197308031999032001
Dosen Tetap
Siti Khadijah Nasution
197308031999032001
Dosen Tetap
Juanita
NIP. 196212231991032002
Dosen Tetap
Juanita
196212231991032002
Dosen Tetap
Risanti Febrine Ropita Situmorang
NIP. 199202112020122023
Dosen Tetap
Risanti Febrine Ropita Situmorang
199202112020122023
Dosen Tetap
Fitri Khairani
NIP. 199103022019032018
Dosen Tetap
Fitri Khairani
199103022019032018
Dosen Tetap
Ismil Khairi Lubis
NIP. 198810152019032012
Dosen Tetap
Ismil Khairi Lubis
198810152019032012
Dosen Tetap
Arifa Masyitah Panjaitan
NIP. 199004172018032001
Dosen Tetap
Arifa Masyitah Panjaitan
199004172018032001
Dosen Tetap
Winni R.E. Tumanggor
NIP. 199004152019032016
Dosen Tetap
Winni R.E. Tumanggor
199004152019032016
Dosen Tetap
Izzah Dienillah Saragih
NIP. 199207182021022001
Dosen Tetap Non PNS
Izzah Dienillah Saragih
199207182021022001
Dosen Tetap Non PNS
Biaya Pendidikan
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Rp500.000 – Rp9.500.000
Uang Kuliah Tunggal (UKT) I – VIII
Rp0 – Rp60.400.000
Iuran Pengembangan Institusi (IPI) I – VIII (Khusus Jalur Mandiri)
Kurikulum
Semester 1
Mata Kuliah Semester Ganjil 1
Semester 2
Mata Kuliah Semester Genap 1
Semester 3
Mata Kuliah Semester Ganjil 2
Semester 4
Mata Kuliah Semester Genap 2
Semester 5
Mata Kuliah Semester Ganjil 2
Semester 6
Mata Kuliah Semester Genap 3
Semester 7
Mata Kuliah Semester Ganjil 4
Semester 8
Mata Kuliah Semester Genap 4
Program Sarjana Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Sumatera Utara
Cari tahu selengkapnya mengenai Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara pada halaman web berikut ini