Tim LPPM USU Bina Desa Perkebunan Tanjung Kasau Lebih Modern

Diterbitkan PadaSabtu, 06 Agustus 2022
Diterbitkan OlehFildzah Zata Amani Nasution
Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Ismayadi menjelaskan, Tim Desa Binaan Perkebunan Tanjung Kasau rencananya akan membawakan 4 program besar tema desa yang akan direalisasikan, yaitu Desa Sehat, Desa Ekonomi Bangkit, Desa Wisata Budaya, dan Desa Literasi Digital."

DESA Perkebunan Tanjung Kasau, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batubara telah resmi menjadi Desa Binaan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU). Desa itu sendiri merupakan satu-satunya desa binaan LPPM USU di Batubara.

Tim Desa Binaan LPPM USU yang terdiri atas 21 orang dosen muda, telah secara resmi menggelar grand launching peresmian Desa Binaan Perkebunan Tanjung Kasau, Kecamatan Laut Tador.

Kedatangan Tim Desa Binaan disambut dengan hangat oleh seluruh warga Perkebunan Tanjung Kasau pada Kamis, 21 Juli 2022. Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, S.E., Kadis PMD Batubara, Radyansyah Lubis dan beberapa perwakilan jajaran kedinasan lainnya turut hadir dalam peresmian tersebut.

Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima berterimakasih kepada Tim Desa Binaan LPPM USU karena telah memilih Desa Perkebunan Tanjung Kasau sebagai desa yang dipilih untuk selanjutnya dibina sesuai dengan program yang dicanangkan.

“Saya sangat berterima kasih karena Desa Perkebunan Tanjung Kasau telah ditunjuk sebagai salah satu Desa Binaan USU, semoga pada tahun-tahun berikutnya juga akan ada lagi desa di Kabupaten Batubara yang dipilih untuk dibina demi kesejahteraan masyarakatnya,” ucap Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima, S.E.

Ketua Tim Desa Binaan yang diketuai oleh Ismayadi, S.Kep., Ns., M.Kes. mengatakan, Tim Desa Binaan Perkebunan Tanjung Kasau nantinya akan membina warga di Desa Perkebunan Tanjung Kasau selama satu tahun ke depan.

“Judul Desa Binaan kita, yaitu Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Upaya Peningkatan Ekonomi, Wisata dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Perkebunan Tanjung Kasau di Kabupaten Batubara, program ini menitikberatkan pada satu kemudahan dan solusi bagi masyarakat desa yang selama ini bekerja dengan cara-cara lama, maka kita datang akan modernisasikan berbagai jenis pekerjaan sehingga lebih efisien dan tepat sasaran,” ucap Ismayadi.

Ismayadi menjelaskan, Tim Desa Binaan Perkebunan Tanjung Kasau rencananya akan membawakan 4 program besar tema desa yang akan direalisasikan, yaitu Desa Sehat, Desa Ekonomi Bangkit, Desa Wisata Budaya, dan Desa Literasi Digital.

Wakil Ketua Tim Desa Binaan Perkebunan Tanjung Kasau, Dr. Zulfan Lubis, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menegaskan. Tim Desa Binaan yang terdiri dari puluhan dosen muda Universitas Sumatera Utara merupakan ahli dalam bidangnya masing-masing dan nantinya akan turut membangun kesejahteraan masyarakat di sini.

"Kita telah merencanakan program pembinaan agar desa ini terwujud sebagai desa yang sehat, bangkit ekonominya, maju promosi wisata dan budayanya serta juga melek terhadap teknologi digital,” ujar putra asli Kabupaten Batubara ini.

Artikel
Kegiatan Universitas
Kegiatan Pengabdian

Detail Paper

Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down