Mahasiswa Prodi Kimia F-MIPA USU Gelar CGS di Sekolah

Chemistry Goes to School dilaksanakan hampir 60 sekolah yang tersebar di daerah Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Kisaran, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, dan Tapanuli Tengah. Kegiatan yang dimulai pada 15 hingga 20 Januari 2024 lalu ini dilaksanakan oleh 91 mahasiswa/i Prodi Kimia F-MIPA stambuk 2023 yang terbagi menjadi 8 tim. Dengan semangat kebermanfaatan dan kerja sama yang teroganisir, para mahasiswa Prodi Kimia dibantu Ikatan Mahasiswa Kimia (IMK) FMIPA USU berhasil mempersiapkan kegiatan safari sekolah dengan matang.
25 Januari 2024 /  Renny Julia
   
Mahasiswa Prodi Kimia F-MIPA USU Gelar CGS di Sekolah

Mahasiswa memiliki peran penting di tengah masyarakat sebagai kaum intelektual yang ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka merupakan kalangan terdidik yang memiliki kemampuan bekal ilmu dan pengalaman di bidangnya masing-masing.


Sebagai anak muda terdidik yang memiliki energi dan semangat tinggi, mahasiswa merupakan bagian dari civitas akademika yang berperan penting untuk menebar kebermanfaatan kepada orang lain. Sebagaimana yang dilakukan oleh para mahasiswa Prodi Kimia F-MIPA Universitas Sumatera Utara dalam program Chemistry Goes to School (CGS), yang berinisiatif melaksanakan safari di sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Utara. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan Universitas Sumatera Utara dan memberikan motivasi kepada siswa/i di Sumut untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.


Chemistry Goes to School dilaksanakan hampir 60 sekolah yang tersebar di daerah Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Kisaran, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, dan Tapanuli Tengah. Kegiatan yang dimulai pada 15 hingga 20 Januari 2024 lalu ini dilaksanakan oleh 91 mahasiswa/i Prodi Kimia F-MIPA stambuk 2023 yang terbagi menjadi 8 tim. Dengan semangat kebermanfaatan dan kerja sama yang teroganisir, para mahasiswa Prodi Kimia dibantu Ikatan Mahasiswa Kimia (IMK) FMIPA USU berhasil mempersiapkan kegiatan safari sekolah dengan matang.


Kegiatan dimulai dengan memperkenalkan kampus USU lengkap dengan fakultas dan berbagai fasilitas yang dimilikinya, materi ini juga disisipi dengan informasi jalur-jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri, terutama jalur masuk USU. Dengan latar belakang mahasiswa/i Prodi S1-Kimia FMIPA, materi CGS secara khusus menjelaskan prospek kerja yang tersedia jika menjadi seorang mahasiswa kimia sebagai salah satu cara memberikan motivasi kepada siswa/i untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yaitu bisa meraih masa depan yang cerah. Tips dan trik lulus masuk kampus kerap juga diberikan untuk mengkomprehensifkan materi dengan langkah-langkah taktis yang bisa dilakukan siswa/i untuk lulus masuk perguruan tinggi negeri.


Dengan ilmu kimia yang mereka tekuni, mahasiswa/i Kimia FMIPA USU memperkenalkan Ilmu Kimia Murni melalui cara yang seru dan menyenangkan, yaitu eksperimen kimia secara langsung. Siswa/i yang mengikuti CGS diberikan kesempatan menggunakan bahan kimia dan alat langsung dari laboratorium, sehingga mereka bisa merasakan ilmu kimia yang sebenarnya. Eksperimen ini diawasi langsung oleh mahasiswa/i Kimia angkatan 2023 yang sudah dilatih secara khusus dan dibekali dengan teori kimia yang mendalam oleh asisten-asisten laboratorium.



Eksperimen Kimia yang dilaksanakan di antaranya adalah Elephant Toothpaste, Fire Hand, Adsorpsi Arang Aktif, dan Lampu Lava. Eksperimen Kimia ini membuat para siswa/i aktif untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan memudahkan untuk memahami bagaimana suatu reaksi kimia dapat terjadi. Muhammad Rafli Nasution, Ketua Pelaksana CGS 2024, menceritakan keseruan saat melakukan kegiatan Chemistry Goes to School.


“Keseruan pada saat kegiatan dapat dilihat dari keantusiasan siswa dalam melakukan eksperimen. Mereka juga aktif bertanya dalam kegiatan. Dengan adanya eksperimen sederhana ini, diharapkan dapat menarik perhatian siswa/i untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Rafli.


Chemistry Goes to School ini adalah manifestasi nyata dari semangat kebermanfaatan mahasiswa/i untuk kemajuan pendidikan di Sumatera Utara. Melalui eksperimen kimia, siswa/i mendapatkan gambaran luasnya ilmu ketika masuk dunia kampus. (RJ/IMK FMIPA)

 

  • Lainnya


    Loading...Loading...Loading...Loading...
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down