Pelepasan MSIB Batch 6 T.A 2023/2024

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"“Ini kita sudah menyerahkan ke mitra, jadi kita tinggal mengawasi dan memonitoring kegiatan yang dilaksanakan adik-adik mahasiswa,” katanya."



HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Pelepasan Mahasiswa Peserta Program Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 Tahun Ajaran 2023/2024. Pelepasan ini diikuti sebanyak 300 mahasiswa yang terdiri dari berbagai Program Studi, pada Jumat (23/02/2024).


Program Studi Magang dan Studi pada batch sebelumnya terdapat 300 lebih mahasiswa yang lulus.Hal ini menempati USU menduduki posisi ke-8 dengan jumlah MSIB terbanyak dari 2.000 universitas di Indonesia. Sedangkan pada batch 6 ini semakin banyak diikuti oleh mahasiswa USU dengan jenjang S1 sampai ke D3.


Dr. Muhammad Anggia Muchtar, S.T., M.M., IT., Direktorat Pengembangan Pendidikan, mengatakan bahwa dari program MSIB ini para mahasiswa mendapatkan pekerjaan di tempatnya magang dan menjadi staf. Selain itu, Dr. Anggia akan terus berkoordinasi dengan para dosen pendamping dan pihak mitra untuk memonitoring para mahasiswa yang mengikuti program tersebut.


“Ini kita sudah menyerahkan ke mitra, jadi kita tinggal mengawasi dan memonitoring kegiatan yang dilaksanakan adik-adik mahasiswa,” katanya.


Riyanto Sinaga, S.si., M.Si., selaku Koordinator MSIB Magang, menyebutkan jika program MSIB Magang mencapai peningkatan lulusan sebanyak 12% dibanding sebelumnya. Dari yang sebelumnya 250 orang meningkat menjadi 307 orang mahasiswa. Selain itu, jumlah mitra juga mengalami peningkatan dari yang tadinya 60 mitra, kemudian menjadi 67 mitra.


“Khusus untuk program bersertifikat jumlah mahasiswa yang lulus itu sebanyak 307 orang. Jumlah ini naik 12% dibanding yang lalu. Semester lalu itu 250-an orang,” sebutnya.


Dr. Ir. Rahmi Karolina, S.T., M.M., IPM., GP., Koordinator MSIB Studi Independen., menjelaskan Studi Independen diikuti 250 mahasiswa dari 28 Program Studi, terdapat 5 (lima) Program Studi yang memiliki jumlah yang lolos pada program ini yaitu Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, PSikologi, Teknik ELektro, dan Teknik Informatika.


“Untuk Batch 6 diikuti oleh 250 mahasiswa dari 28 Program Studi dengan jumlah mitra 42. Lima Program Studi yang terpilih adalah yang pertama Teknologi Informasi sebanyak 57 orang, Ilmu Komputer 52 orang mahasiswa, Psikologi 42 orang mahasiswa, Teknik Elektro 14 mahasiswa, dan Teknik Informatika 14 orang mahasiswa,” jelasnya.


Diharapkan kepada para mahasiswa yang mengikuti MSIB, baik yang mengikuti program Magang maupun Studi Independen untuk terus menjalankan tugasnya dengan baik. Para mahasiswa harus memanfaatkan kesempatan yang telah diperoleh.

Kampus merdeka
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down