Asesmen Lapangan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Kami berharap asesor memberikan masukan dan rekomendasi ke Vokasi USU sehingga meningkatkan kualitas Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi, ucap WR I USU"



HUMAS USU - Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan asesmen lapangan yang mengundang asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM-Teknik) yaitu Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng. dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Suharyadi Pancono dari Politeknik Manufaktur Bandung. Berlangsung di Aula Fakultas Vokasi USU, (Kamis, 2 Mei 2024).


Transformasi Sarjana Terapan USU menunjukkan bagaimana kebutuhan expert di masa depan dalam teknologi rekayasa instrumentasi ditekankan oleh Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan SH.,MA. Ruang untuk pekerjaan menjadi lebih terbuka karena munculnya era digitalisasi yang sulit dihindari.


Oleh karena itu, asesmen lapangan ini bertujuan untuk memastikan proses dalam konteks pembelajaran tentang bagaimana menyiapkan infrastruktur serta kurikulumnya mengingat vokasi memiliki kurikulum yang berbeda dengan program sarjana karena bertumpu pada praktik, vokational education. Hal ini diperuntukkan agar lulusan vokasi USU mampu bersaing dalam di dunia kerja. Kuncinya pada kurikulum dan seberapa banyak praktisi bisa memberikan transformasi ilmu dalam konteks pengembangan kapasitas pada mahasiswa vokasi.


Lulusan USU diharapkan dapat bersaing karena hal ini berkaitan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Tracer Study dituturkan oleh Bapak Dr. Edy Ikhsan SH.,MA.. Upaya rintisan pengembangan jurusan D4 di vokasi merupakan salah satu siasat dalam memberikan jalan bagi generasi muda agar lebih cepat mendapatkan pekerjaan khususnya pada perkembangan industrialisasi.


"Kami berharap asesor memberikan masukan dan rekomendasi ke Vokasi USU sehingga meningkatkan kualitas Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi," tambah WR I USU.


Prof. Dr. Isfenti Sadalia SE., ME. selaku Dekan Fakultas Vokasi berharap dengan adanya visitasi ini, capaian pembelajaran D4 akan sesuai dengan kebutuhan industry dan dapat bersaing dengan lapangan pekerjaan. Persiapan pengembangan laboratorium instrumentasi juga digencarkan tahun ini diluar laboratorium dasar dan terpadu.


"Fasilitas dasar seperti laboratorium dasar kita masih sharing dengan fakultas eksternal, lab instrumentasi juga sedang dalam proses perkembangan," tutur Dekan Fakultas Vokasi USU.


Penilaian akreditasi tetap berpatokan kepada IKU yang telah ada. Selain itu, Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng. selaku asesor juga menghimbau akan melihat bagaimana kelangsungan kurikulum dengan kesesuaian instrumentasi industri.

Tata Kelola
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down