USU - UINSU FGD Bahas Peran dan Tantangan Perguruan Tinggi

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"FGD ini sangat baik bagi perkembangan UINSU. Kami sengaja mengundang bapak Rektor USU agar mendapatkan informasi dan masukan yang bagus mengingat perkembangan USU yang luar biasa, terang Rektor UINSU"


HUMAS USU - Focus Group Discussion (FGD) antara Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang membahas materi mengenai "Peluang dan Tantangan Pengembangan Perguruan Tinggi (PT) & Peran Strategis Stakeholder" disampaikan oleh Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si. dan berlangsung di Royal Suite Condotel Medan, Kamis, (04/04/2024).


Masifnya perubahan yang tidak terkendali menjadi latar belakang kunci dalam terselenggaranya FGD kali ini. Rektor USU dalam menghimbau hal tersebut, menyebutkan bahwa Tridharma harus adaptif dan integratif dalam melakukan review kurikulum, proses pembelajaran dan matching industri.


Sebagai Narasumber, Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si. merekomendasikan untuk melakukan penataan terhadap academic environment sebagai percepatan internasional. Program hibah kompetisi nasional dan internasional sebagai Langkah dalam mempercepat peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa. Penyusunan strategi perencanaan yang baik dinilai sangat esensial untuk tercapainya target prioritas program universitas setiap tahunnya.


Sengaja mengundang Rektor USU beserta stakeholder dalam kesempatan kali ini, Rektor UINSU, Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag., ingin mendengar bagaimana perspektif Rektor USU mengenai UINSU dan masukan seperti apa yang dapat direkomendasikan untuk perkembangan UIN ke arah yang lebih baik kedepannya. Begitu pula dengan stakeholder yang menjadikan FGD ini sebagai wadah sharing perkembangan dan pendapat.


Menurut Rektor UINSU, USU dinilai memiliki perkembangan yang masif, sehingga berharap adanya dukungan dan masukan yang bermakna agar dapat membantu UINSU meningkatkan capaian dan akreditasinya. Kegiatan FGD ini juga disebutkan sebagai implementasi kerja sama antara USU dan UINSU.


"FGD ini sangat baik bagi perkembangan UINSU. Kami sengaja mengundang bapak Rektor USU agar mendapatkan informasi dan masukan yang bagus mengingat perkembangan USU yang luar biasa," tambah Rektor UINSU dalam wawancaranya.


Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UINSU, Dr. Muhammad Yafz, M.Ag. merasa tersanjung karena mendapatkan insight dan informasi baru dari Rektor USU mengenai pentingnya peran universitas dalam mengelola lembaga agar menjadi lebih mandiri yang menjadi masukan bagi UINSU. Beliau berharap stakeholder juga menjadi mitra dengan UINSU untuk sama-sama memberikan dukungan terhadap pengembangan UINSU.


"Kami sangat berterima kasih, karena dengan materi dari Bapak Rektor USU, kami mendapatkan masukan-masukan baru," tambahnya.

Tata Kelola
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down