• QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Pijar, Medan. Jumat (11/8) Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur. Acara rutinan yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa USU ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai universitas.

 

Bukan hanya USU yang bergabung dalam acara ini ada beberapa universitas lainnya juga yang tergabung, misalnya seperti UMSU, Nomensen dan beberapa lainnya yang memiliki Tax Centre di Universitasnya. Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini ialah untuk mensosialisasikan dan intuisi kepada masyarakat ataupun civitas akademika akan pentingnya pajak.

 

Kegiatan tersebut pun serempak diselenggarakan di berbagai wilayah Indonesia seperti Medan, Jakarta, Madiun, Semarang, Bali, Bandung dan beberapa daerah lainnya. Kegiatan berupa Video Conference langsung dari Sri Mulyani Indrawati ini bukan hanya diadakan untuk mahasiswa, tetapi diadakan juga untuk para siswa SMP dan SMA hanya saja waktu penyelenggaraannya yang berbeda.

 

Adapun rangkaian acaranya ialah Pembukaan oeh MC, pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kata Sambutan oleh Wakil Rektor II USU, video conference dengan Menteri Keuangan RI (Sri Mulyani Indrawati), penandatanganan MoU antara USU dengan Kanwil DJP Sumut I kemudian yang terakhir ialah dialog tanya jawab antara peserta dengan penyelenggara.

 

Dalam perihal MoU tidak semua pihak yang menyelenggarakan kegiatan tersebut mempunyai MoU dengan universitas yang terkait, tetapi USU khususnya dibidang Tax Centre USU memiliki kesepakatan bersama pihak Kanwil DJP Sumut I. Penandatanganan MoU pun diwakilkan oleh Wakil Rektor IV yaitu Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E.

 

Adapun harapan dengan diadakannya kegiatan tersebut ialah “Mahasiswa dan civitas akademika sebagai agen perubahan nantinya untuk mensosialisasikan pajak dan juga mengedukasi kepada masyarakat lainnya betapa pentingnya pajak untuk Indonesia,” ungkap Dwi Akhmad Suryadidjaya selaku kepala bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas).(NA/ Pijar)

PetaIkonikUSU