• Seleksi Mahasiswa Mandiri Universitas Sumatera Utara Tahun 2019
    Seleksi Mahasiswa Mandiri Universitas Sumatera Utara Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-USU: Universitas Sumatera Utara dan PT. PLN (Persero) kembali menjalin kerjasama (MoU) dalam bidang pendidikan dan penelitian tenaga listrik. Acara itu dilaksanakan pada Jumat (01/04/2016) di Ruang Rapat Senat Akademik gedung BPA USU. Rektor USU Prof. Runtung, SH, MHum, didampingi Wakil Rektor II Dr. Fidel Ganis dan Wakil Rektor IV Prof. Bustami Syam menyebutkan, bahwa kerjasama antara USU dengan PLN telah terjalin sebelumnya. Bagi USU, ujarnya, kerjasama ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para mahasiswa, dan USU mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak yang mendukung USU.

PLN 1“Apalagi bagi para mahasiswa tentu saja membutuhkan pengetahuan praktis langsung dari sumbernya yang berasal dari kalangan professional, sehingga para mahasiswa begitu keluar dari kampus ini untuk bekerja tidak canggung lagi dengan dunia kerja yang berhubungan dengan ilmunya selama di perkuliahan,” kata Rektor.

 

Dari sisi lain, lanjutnya, tentu saja dengan kerjasama ini kiranya PLN dapat mengirimkan staf terbaiknya untuk memberikan kuliah umum atau kegiatan dalam bentuk lain yang sifatnya transfer ilmu kepada para mahasiswa, sehingga tentunya juga dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar dan nantinya juga tentu berpengaruh pada akreditasi program studi yang bersangkutan.

PLN 2“Harapan USU tentu saja dengan adanya perpanjangan kerjasama ini menjadi bukti bahwa USU siap menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bisa meningkatkan kualitas dan akreditasi USU, dan harapan saya juga kerjasama ini dapat terus berlanjut tidak hanya dengan salahsatu fakultas saja tapi mungkin bisa menggandeng fakultas lain,” tutur Rektor.

 

Sementara Muhammad Ali yang saat ini menjabat sebagai Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero) mengatakan, PLN siap menjalin kerjasama kembali dengan USU. Dijelaskannya, bahwa tujuan kerjasama ituadalah untuk meningkatkan kemampuan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pengelolaan tenaga listrik secara optimal guna menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

PLN 3Ruang lingkup dari kerjasama ini, katanya, meliputi kegiatan yang mencakup Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian pada masyarakat, termasuk pertukaran informasi ilmu pengetahuan, rekayasa dalam lingkup tenaga listrik dan pendukungnya dan pengembangan sumberdaya manusia.

 

Dan kerjasama pada hari ini, lanjutnya, juga kami lakukan dengan beberapa kampus lain, yakni Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Dengan menggandeng sejumlah Perguruan Tinggi tersebut PLN berharap program-program itu cepat berjalan.

PLN 4Hal demikian itu PLN lakukan berkaitan dengan Indonesia yang hanya mempunyai listrik sebesar 47.000 MW. Dalam kondisi tersebut, PLN mendapat tugas untuk menyelesaikan proyek sebesar 35.000 Mega Watt, dan untuk Sumatera akan dibangun transmisi dari Aceh hingga Lampung, sehingga totalnya adalah 46.000 km sirkuit transmisi.

PLN 5Untuk itu maka PLN menggandeng beberapa pihak dari kontraktor untuk menggarap proyek tersebut, dan PLN juga membuka pusat pendidikan bagi kontraktor yang membutuhkan. Dengan keadaan seperti itu pula, lanjutnya, PLN membutuhkan sekitar 5.558 karyawan mulai dari setingkat SMA hingga S1 sehingga berbanding terbalik dengan perusahaan energi lainnya karena beberapa perusahaan itu malah mengurangi pegawainya, untuk itu PLN berharap mendapatkan talenta yang lebih baik lagi. “PLN juga berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan, sehingga semua program dapat berakhir dengan sukses,” ujar Muhammad Ali. (Humas)

PetaIkonikUSU