• Selamat Hari Kesehatan
    Selamat Hari Kesehatan
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Televisi publik harus kuat dan berkomitmen penuh terhadap peningkatan pendidikan, penguatan budaya, kreativitas dan tetap menjadi media informasi yang netral dari pengaruh serta kepentingan apapun.

TVRI aDemikian ditekankan Dirut LPP TVRI Helmi Yahya, MPA, Ak, CPMA, CA, di depan Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), jajaran dekanat fakultas, pimpinan satuan kerja dan mahasiswa USU dari berbagai fakultas dalam kuliah umum bertajuk “Transformasi TVRI”. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara TVRI dengan USU tersebut, menghadirkan Helmi Yahya sebagai pembicara tunggal dan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa USU, Kamis (31/10/2019). Turut hadir Direktur Umum TVRI Tumpak Pasaribu, Direktur Program dan Berita Apni Jaya Putra dan Kepala Stasiun TVRI Sumut, Rajab Siregar.

TVRI jMenurut Helmi, hal itulah yang kemudian membawa Dirut TVRI tersebut mengerahkan seluruh kemampuan dan kreativitas yang dimilikinya untuk mengubah image dan membawa TVRI sebagai televisi publik yang selama ini selalu dipinggirkan dalam media pertelevisian, menjadi stasiun televisi yang berprestasi dan diminati. Pengalamannya yang cukup panjang dalam dunia broadcasting dipadukan dengan latar belakang pendidikan di bidang ekonomi, sukses mendongkrak performa dan tampilan televisi milik pemerintah itu kembali pada masa jayanya.

TVRI d“Tidak ada yang tidak mungkin di dalam hidup ini, sepanjang kita mau bekerja keras mewujudkannya. Karena kesuksesan itu adalah 15 % berasal dari ide plus bakat, sementara selebihnya adalah action atau kerja keras,” tegasnya.

TVRI bTVRI, lanjut Helmi, dulunya berada pada posisi buncit. Namun saat ini sudah menduduki peringkat ke-9 dari seluruh stasiun televisi yang ada di Indonesia.

TVRI h“TVRI ini sudah sangat lama tidak diperhatikan. Tapi sekarang, program televisi paling mahal itu sekarang ada di TVRI. Kalau televisi swasta kan yang penting iklan. TVRI penting kehadirannya untuk menepis berondongan berita bohong, oleh karena itu harus sama-sama kita dukung,” kata Helmi.

TVRI gLebih jauh ia mengungkapkan bahwa TVRI sebagai televisi publik harus netral, independen dan imparsial. Selain itu, karakter siarannya juga harus mengedukasi, serta wajib menampilkan konten local culture dan local wisdom.

TVRI iPerubahan TVRI dimulai dengan melakukan pembenahan seiring dengan perombakan pada level top leader, pengadaan perlengkapan yang mutakhir, penggantian logo, serta menambah SDM dari kalangan muda yang kreatif.

TVRI eWakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), yang membuka kuliah umum di awal acara, menyampaikan harapannya agar kemitraan yang selama ini telah terjalin dengan baik antara USU dengan TVRI, dapat terus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Karena peran TVRI sangat strategis dalam mendukung USU untuk menyampaikan informasi tentang prestasi dan keberhasilan yang telah diraih USU, kepada masyarakat. Selain itu juga TVRI sangat mendukung USU dalam mensukseskan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para civitas akademikanya.

TVRI f“TVRI di masa dulu sebagai satu-satunya hiburan yang tersedia di layar kaca tanah air, bahwa peran TVRI bagi pembangunan dan dukungannya terhadap bidang pendidikan tidak dapat dihilangkan begitu saja. Terdapat banyak ragam acara yang disajikan oleh TVRI yang sejalan dan berkenaan dengan proses pendidikan bangsa. Mulai dari penumbuhan jiwa cinta tanah air, pengembangan budaya dan tradisi bangsa, memfasilitasi peningkatan intelektualitas dan keterampilan generasi muda, hingga menyoroti peningkatan produk pertanian dan kelautan, dua bidang yang menjadi fokus pembangunan pada masa itu,” kata Warek 2 USU.

TVRI cMenurut Prof Fidel, meskipun saat ini sudah sangat banyak stasiun televisi swasta dan juga channel-channel pendidikan dan berita di youtube, namun keberadaan TVRI bagi dunia pendidikan di USU masih memiliki peran yang sangat strategis dan mendukung, khususnya terhadap penyampaian informasi terkait peningkatan kinerja USU serta berbagai pencapaian prestasi USU, kepada masyarakat. (Humas)

PetaIkonikUSU