• Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
    Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara menggelar pengukuhan terhadap tiga orang Guru Besar yakni Prof Dr Arlina Nurbaity Lubis, SE, MBA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, dari Fakultas Teknik dan Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina, MP, dari Fakultas Pertanian. Pengukuhan dilakukan oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, bertempat di Gelanggang Mahasiswa Kampus USU Medan, Selasa (10/9/2019) pagi.

GB 2019 gRektor USU menyatakan dalam sambutannya, bahwa keberadaan tiga Guru Besar tersebut merupakan sebuah kabar gembira bagi USU dalam upaya institusi tersebut untuk terus menambah jumlah Guru Besar yang dimilikinya.

GB 2019 a“Dengan pengukuhan yang dilakukan pada hari ini, maka jumlah Guru Besar yang dimiliki USU sampai dengan 9 September 2019 berjumlah 182 orang Guru Besar. Terdiri dari 138 orang Guru besar yang berstatus PNS dan 44 orang Guru Besar Tidak Tetap Non PNS,” kata Rektor.

GB 2019 bJumlah tersebut, lanjut Rektor USU, sudah sangat jauh peningkatannya dari saat awal kepemimpinannya di tahun 2016, yang hanya terdapat 141 Guru Besar saja. “Pada tahun ini juga kita akan mengukuhkan dua orang Guru Besar lagi,” imbuh Rektor.

GB 2019 jSelain mengucapkan selamat kepada tiga Guru Besar itu, Rektor USU juga berharap agar  mereka dapat menghasilkan lebih banyak karya-karya yang baik serta bermanfaat, bagi Universitas Sumatera Utara khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia umumnya. Juga bagi masa depan kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup secara keseluruhan. Karena hal itu juga akan secara otomatis dapat meningkatkan nama baik dan peringkat Universitas Sumatera Utara.

GB 2019 eProsesi penerimaan tiga orang Guru Besar yang baru dikukuhkan sebagai anggota dari Dewan Guru Besar USU, yakni berupa pengalungan medali, dilakukan oleh Ketua Dewan Guru Besar USU Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH, didampingi Rektor USU.

GB 2019 hPada kesempatan itu, ketiga Guru Besar USU yang baru menyampaikan pidato pengukuhannya masing-masing. Prof Dr Arlina Nurbaity Lubis, SE, MBA, pidatonya  yang berjudul “Tantangan Besar Dunia Pemasaran Untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen Dalam Turbulensi Teknologi dan Perilaku Konsumen”. Prof Arlina menegaskan kembali tentang pentingnya peran pemasaran dalam menunjang kesuksesan aktivitas bisnis. Di mana hal itu tidak hanya terbatas pada penjualan produk, namun dimulai dari proses penciptaan, permintaan hingga aktivitas purna jual.

GB 2019 dProf Arlina juga meyakini bahwa pemasaran merupakan sebuah seni. Ia mengutip pernyataan yang diyakini dalam dunia pemasaran, bahwa if we serve everybody, we serve nobody. Secara jelas dipahami bahwa kita tidak akan bisa memenuhi kebutuhan semua orang. Namun, sekumpulan orang tersebut dapat memiliki kesamaan karakteristik dan perilaku, yang menjadi segmentasi pilihan sebagai sebuah pasar oleh pihak pemasaran.

GB 2019 iDilanjutkan kemudian dengan pidato pengukuhan Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, dengan pidatonya “Pemanfaatan Energi Surya Secara Efektif dan Efisien dengan Teknologi Hibrida Solar Termal dan Photovoltaik”. Dan ditutup Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina, MP, dengan pidato yang berjudul “Senyawa Bioaktif Pegagan (Centella Asiatica), Biosintesis, Produksi dan Pemanfaatannya”.

GB 2019 fTurut hadir dalam kesempatan itu, Majelis Wali Amanat USU, Senat Akademik USU, Dewan Guru Besar USU, para Wakil Rektor, pimpinan lembaga dan unit kerja, para dosen dan mahasiswa dari tiga fakultas yang mendapatkan tambahan Guru Besar, serta keluarga masing-masing dari ketiga Guru Besar tersebut. (Humas) 

PetaIkonikUSU