• Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
    Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN - HUMAS USU : Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan universitas kepada masyarakat, Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kepribadian Peningkatan Mutu Layanan Kehumasan dan Kesekretariatan. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 7 hingga 8 Agustus 2019, di Grand Aston Hotel Medan. Narasumber yang dihadirkan adalah Praktisi  Pendidikan Bidang Komunikasi dan Pengembangan Diri, Mora Nasution, dari On The Stage Medan.

TKP 14Pelatihan yang diikuti oleh para pegawai kesekretariatan dan pelayanan administrasi umum di lingkungan USU itu dibuka oleh Sekretaris Universitas USU,  Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K) dan dihadiri oleh Kepala Kantor Humas USU Elvi Sumanti, ST, M Hum dan Tenaga Ahli Sekretaris Universitas Dr Nurfida Khairina Arrasyid, M Kes.

TKP 1Dr dr Farhat dalam sambutannya berharap agar pelatihan yang diikuti oleh 30 orang lebih tenaga pelayanan dan administrasi umum di lingkuan USU tersebut dapat membawa angin segar dan perubahan yang lebih baik bagi mutu pelayanan secara umum di institusi itu. Mengingat bahwa layanan prima mampu memberikan sumbangsih peran dalam penilaian kinerja perguruan tinggi. Khususnya dalam meraih kepercayaan masyarakat untuk memilih USU sebagai institusi yang terpercaya bagi kelanjutan pendidikan putera-puterinya.

TKP 6Untuk itu, lanjut Dr dr Farhat, ia mengamanatkan kepada seluruh peserta agar mampu memanfaatkan waktu selama dua hari itu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dalam hal pelayanan. Dengan demikian, diharapkan seusai pelatihan, para peserta pelatihan dapat menerapkan seluruh ilmu yang telah didapatnya dalam aktivitas kerja sehari-hari. Selanjutnya diyakini tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan USU pun dapat semakin meningkat.

TKP 20Pelatihan terbagi atas beberapa materi, di antaranya ; Personal Discovery, Grooming (Posture and Gesture), Positive Imaging, Service Exelence, Stress and Anger Management. Table Manner By F&B Manager Aston, Seminar Kesehatan Kulit dan Bau Badan yang disponsori oleh Emina, yang diikuti dengan praktik penerapan daily make up dan tips membersihkan wajah.

TKP 9Di sesi positive imaging, Mora Nasution menekankan pentingnya mencintai dan menerima diri sendiri, yang akan berimbas pada mencintai pekerjaan. Menurut Mora, kunci dari pelayanan yang baik itu ada empat hal, yakni menyukai diri sendiri, menyukai pekerjaan, menyukai lingkungan kerja dan kompensasi yang memadai. Sementara trilogi pelayanan prima itu mencakup pada tiga hal; pengetahuan prima, penampilan prima dan penyampaian prima. Namun muara dari seluruh kegiatan pelayanan terletak pada penguatan budaya senyum, sapa ramah dan membuat setiap customer merasa istimewa.

TKP 7Pada kesempatan itu, turut digelar materi table manner yang difasilitasi oleh Grand Aston Hotel Medan dan dipandu oleh Food and Beverage Director Grand Aston Hotel Medan, Agus Santoso, dibantu para chief dari hotel berbintang lima tersebut. Table manner memberikan materi pengetahuan berupa tatacara makan dalam jamuan makan resmi atau gala dinner kepada para peserta. Dipaparkan antara lain pengenalan beragam alat makan berstandar internasional, serta berbagai menu yang biasa disajikan dalam jamuan makan resmi.

TKP 8Menurut Agus Santoso, pengetahuan mengenai tatacara makan dalam jamuan resmi sangat penting diketahui dan dikuasai, agar tidak sampai terjadi kesalahan yang memalukan di depan umum. Selain itu, turut pula disampaikan tentang berbagai bahan makanan yang umum digunakan dalam penyusunan menu internasional.

TKP 11Materi penutup dari rangkaian pelatihan adalah Seminar Kesehatan Kulit dan Bau Badan yang disponsori oleh Emina, yang diikuti dengan praktik penerapan daily make up dan tips membersihkan wajah.  Materi ini merupakan penguatan dari materi pengembangan kepribadian yang telah disampaikan oleh narasumber pada awal pelatihan. Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa penampilan yang baik merupakan salah satu faktor utama dari pelayanan yang memuaskan dan cermin dari mencintai dan menerima diri dengan baik. (Humas)

 

PetaIkonikUSU