• Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
    Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Kafilah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara pada tahun ini menorehkan prestasi yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ke-16 Tahun 2019 di Unsyiah Banda Aceh. Dalam penutupan MTQMN di bumi Serambi Mekkah, Sabtu (3/8/2019), anak-anak USU berhasil duduk di peringkat ke-10 dengan perolehan lima predikat juara.

MTQMN 7Lima cabang perlombaan yang mendapatkan juara itu adalah Tartil Putra (Rizwal Permana) meraih juara 3, Hifdzil 10 juz Putri (Rahma Rahmah) juara 2, Hifdzil 20 juz Putri (Mar'atus Sholihah) juara 3, Debat Bahasa Arab (Yusuf Erik dan Sultan Salman) juara harapan 1 dan LKTIA yang meraih juara harapan II.

MTQMN 3Penutupan MTQMN ke-16 yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Kemahasiswaan dan Karier Kemenristekdikti, Dr Didin Wahidin, M Pd. Pada acara itu, seluruh kafilah dari seluruh Indonesia dan tamu undangan lainnya juga disuguhkan kesenian Aceh yaitu tarian ratoh jaroe dan saman oleh mahasiswa.

MTQMN 5Penutupan MTQMN dihadiri ribuan peserta yang duduk berdasarkan cabang yang diikuti. Sebelum dewan hakim membacakan keputusan, mahasiswa dengan dipimpin Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal dan istrinya Ny Farnida Samsul Rizal mendeklarasikan semboyan green campus bagi Unsyiah.

MTQMN 6Adapun kafilah yang masuk dalam 10 besar pada MTQMN kali ini adalah Universitas Negeri Malang dengan nilai 64 yang berhasil menjadi juara pertama (juara umum). Setelah itu disusul Universitas Brawijaya (Malang) dengan nilai 63 sebagai juara kedua, Universitas Gadjah Mada dengan nilai 41 berada di urutan ketiga, disusul Universitas Indonesia Jakarta dengan nilai 38 di posisi keempat.

MTQMN 1Seterusnya, duo perguruan tinggi dari Sumatera Barat yaitu Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang yang sama-sama mengumpulkan nilai 36 menduduki posisi kelima dan keenam. Posisi ketujuh ditempati tuan rumah Unsyiah dengan raihan nilai 31. Universitas Negeri Medan dengan nilai 30 berada pada rangking delapan, Universitas Negeri Yogyakarta dengan nilai 23 mendapat juara kesembilan dan Universitas Sumatera Utara (USU) dengan nilai 22 berada di peringkat 10. Daftar juara MTQMN tersebut ditandatangani oleh Prof Dr H Said Agil Husin Al-Munawwar MA dan Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE, selaku Ketua dan Sekretaris Dewan Hakim. (Humas)

PetaIkonikUSU