• QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS : Universitas Sumatera Utara ( USU ) menggelar Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKN - PPM ) 2019, bertempat di auditorium USU, Selasa ( 9/7) pagi. Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Sumatera Utara ( USU ) Prof Dr H Runtung Sitepu, SH, M Hum.

KKN 2019 cDalam sambutannya, Rektor USU antara lain menyampaikan bahwa, KKN membuka peluang bagi para mahasiswa/i untuk dapat lebih mengenal kehidupan masyarakat di luar ruang perkuliahan kampus serta memahami beberapa permasalahan berikut solusi keilmuan yang bisa diterapkan. Dengan demikian, maka hal-hal yang didapatkan selama ini dalam perkuliahan dapat disinergikan dengan pengalaman nyata di masyarakat.

KKN 2019 aRektor juga berharap agar para mahasiswa/i semuanya yang akan melaksanakan KKN dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan baik di daerah yang menjadi penempatan KKN-nya. “Pelajari dengan cermat seluruh adat budaya dan kebiasaan masyarakat setempat dan hormatilah para tetua yang ada di sana. Jaga diri kalian dengan baik dan jangan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan etika dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat kita. Petik hal-hal bermanfaat yang kalian temui di sana dan bawa sebagai tambahan pengetahuan untuk melengkapi keahlian yang sebelumnya telah dimiliki. Tetaplah rendah hati, ringan tangan dan mawas diri. Semoga kelak KKN yang kalian jalani dapat berlangsung dengan baik dan membawa hal-hal yang memuaskan, serta dapat menjadi kenangan indah sepanjang hayat,” kata Rektor.

KKN 2019 bTurut hadir dalam kegiatan Ketua LPPM USU Prof Tulus, Vor Dipl Math, M Si, PhD. Sekretaris LPPM USU Prof Dr Dra Irnawati Marsaulina, MS, Ketua Panitia KKN PPM Dr Rudi Sofyan, SS, M Hum, Perwakilan Asuransi Bumiputera Medan T Jimmy Firmansyah, SH.

KKN 2019 eMahasiswa para peserta KKN dibekali dengan materi ekotourism yang dibawakan oleh Dr Ir Nurzaimah Ginting, M Sc dan juga materi Manajemen Pemerintahan Desa yang dibawakan oleh Junedi Ginting, SSi, M Si. Sementara Perwakilan dari Asuransi Bumiputera juga memberikan sedikit pemaparan tentang klaim asuransi KKN - PPM 2019.

KKN 2019 gKegiatan KKN dibagi menjadi empat tema, yakni; KKN-PPM Reguler yang akan dilaksanakan di 14 kabupaten/ kota di Sumatera Utara, KKN Pulau terluar yang akan dilaksanakan di kabupaten Simeulue dan Kota Gunung Sitoli Nias. Selain itu ada juga KKN Kebangsaan yang akan dilaksanakan di Kota Ternate, Maluku Utara. 5 mahasiswa yang  terpilih akan mewakili USU dalam KKN ini.

KKN 2019 fKKN USU pada tahun ini bertepatan dengan diadakannya KKN Bersama yang diikuti oleh 300 mahasiswa yang tergabung dalam berbagai PTN di wilayah barat Indonesia, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. (Humas)

PetaIkonikUSU